Menantang Dinginnya Kawah Putih

  • 06 May 2015
  • 44 views

Tantangan seorang pendaki gunung adalah hawa dingin. Tapi, bagaimana kalau yang ditantang adalah hawa dingin Kawah Putih?

LAZONE.ID -

Tantangan seorang pendaki gunung adalah hawa dingin. Tapi, bagaimana kalau yang ditantang adalah hawa dingin Kawah Putih?

Kawah Putih adalah sebuah obyek wisata yang terletak di Tanah Sunda, Bandung, Jawa Barat. Jaraknya kira-kira sekitar 50 kilometer ke arah selatan, tepatnya di atas Gunung Patuha yang masih termasuk dalam gugusan gunung berapi di Indonesia. Tapi loe nggak perlu khawatir Gunung Patuha tiba-tiba meletus saat loe ada di Kawah Putih karena aktivitasnya sudah berhenti sejak tahun 1600an.

Di Kawah Putih ini, loe bisa menikmati danau di ketinggian 2.430 meter di atas permukaan laut. Keunikan danau ini adalah warnanya yang bisa berubah-ubah. Ini bukan karena tenaga magis, Bro, tapi reaksi kimia antara air danau yang mengandung unsure kimia dengan kandungan sulfur yang dikeluarkan oleh Gunung Patuha. Makanya airnya bisa berubah-ubah, dari biru, hijau muda, hingga coklat.

© panduanwisata

Yang bikin greget untuk menaklukkan Gunung Patuha dan Kawah Putih adalah hawa dingin yang sangat menusuk tulang, Bro.  Di tempat ini, loe bakal merasakan temperature antara 8 hingga 10 derajat Celsius. Wajib bagi loe untuk melengkapi diri dengan jaket tebal dengan baju berlapis untuk melawan hawa dingin ini. Jangan lupa juga untuk membawa masker penutup hidung karena bau belerang di Kawah Putih sangat kuat, Bro.

Kawah Putih ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli lingkungan hidup asal Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn dalam eksplorasi Gunung Patuha di tahun 1837. Kawasan ini akhirnya dikelola dan dibuka untuk umum oleh PT Perhutani mulai tahun 1987.

So, berminat untuk menaklukkan hawa dingin, bau belerang, serta kemistisan dari Kawah Putih di Gunung Patuha? Segera masukkan lokasi ini sebagai salah satu spot petualangan loe saat liburan nanti.

tags : Gunung Patuha

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...