Sukses Bersama Gopro, Bayar Hutang 10 Tahun Lalu

  • 07 August 2015
  • 74 views

Penyakit orang ngutang, biasanya paling malas saat tiba waktunya kudu membayar.

LAZONE.ID -

Penyakit orang ngutang, biasanya paling malas saat tiba waktunya kudu membayar. Tapi ini tidak berlaku sama sekali bagi Nick Woodman, hutang adalah hutang yang harus dilunasi, kapanpun dijanjikan. Pendiri kamera aksi paling populer, GoPro ini ternyata punya hutang dengan teman sekamarnya semasa kuliah.

Hutangnya, 10 tahun lalu! Saat kuliah di Universitas California, San Diego, Woodman berusaha mulau membangun bisnisnya. Woodman bekerja sama dengan teman sekamarnya, Dana, dan bagi Dana ini ternyata keputusan yang luar biasa menguntungkan. Dana dipekerjakan sebagai karyawan pertama perusahaan Woodman. Dan, bayaran yang diterimanya sekarang sungguh sebanding dengan usahanya satu dekade lalu.

Perusahaan GoPro telah membuat Woodman kaya raya, dan ia sekarang disebut sebagai salah satu CEO dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat. Terutama sejak GoPro mulai go public pertengahan tahun lalu. Aset Woodman pun melejit mendekati 300 juta dollar AS. Itu cukup untuk membuat nilainya meningkat hingga lebih dari 2,3 miliar dollar AS. Enggak buruk dari seseorang yang memulai usaha dari nol.

Nah, sebagaimana kisah para jutawan, Woodman memulai usahanya dengan kerendahan hati dan janji. Sepuluh tahun lalu ia hanya mampu membayar Dana dengan janji 10 persen keuntungan yang diterimanya dari transaksi pubil. Bagi keduanya sepuluh tahun lalu, ini terasa hampir mustahil. Pada 2011, GoPro menghasilkan lebih dari 6,2 juta dollar AS dari saham dan transaksi publik lainnya.

Tapi Woodman enggak serakah, ia memenuhi janjinya pada Dana. Ia memberikan 229 juta dollar AS sebagai bayaran atas usaha dan kesabarannya. Dana sekarang masih bekerja di GoPro sebagai direktur penjualan dan musik. Banyak persahabatan yang malah berantakan gara-gara bisnis bareng. Yang terjadi pada Woodman dan Dana justru sebaliknya. Keduanya makin akur dan menikmati hasil jerih payahnya. Kuncinya, kerja keras, respek dan setia pada komitmen. Cool!

tags : gopro

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...