Kesalahan Menggunakan Lensa Wide Angle

LAZONE.ID - Begini ternyata cara yang benar.

Lensa Wide Angle merupakan lensa yang mempunyai spesifikasi khusus untuk mendapatkan sudut yang lebar, sehingga lensa ini bisa memasukkan area yang luas dalam satu bidang foto. Lensa ini mempunyai keunikan tersendiri, bagaimana tidak kamu bisa membuat objek menjadi lebih kecil dari ukuran sebenarnya. Dengan lensa ini juga kita dapat memotret lebih banyak orang yang berjejer dibandingkan dengan lensa standar. Semakin pendek jarak fokusnya maka semakin lebar pandangannya. Namun ada yang mengakibatkan kesalahan yang bisa membuat hasil gambar, terlihat tidak sesuai dengan fungsi pada Lensa Wide Angle.


1. Terlalu Banyak Elemen


Walaupun lensa mempunyai sudut pandang yang lebar namun kamu tidak bisa mengmbil objek yang ada di depan pandangan kamera dengan banyak elemen itu akan terlihat lensa Wide Angle terlihat seperti lensa biasa pada umunya. Hal yang bisa lakukan untuk mengatasi kesalahan ini adalah mencari objek yang unik untuk mendapatkan hasil gambar yang menarik dan memiliki kesan natular sesuai dengan suasana yang ada.

2. Salah Meletakkan Elemen dan Jarak


Menggunakan lensa Wide Angle memang mempunyai keuntungan untuk mencangkup ruang yang lebar, sehingga gambar yang masuk ke dalam kamera menjadi lebar. Namun kamu tidak bisa memasukkan seluruh elemen yang ada di depan pandangan kamu ke dalam kamera, itu akan memperlihatkan subjek terlihat menjadi tidak jelas apa yang akan kamu tunjukkan ketika menggunakan lensa Wide Angle. Bagimana cara mengatasinya? Hal kamu harus perhatikan adalah jarak kamera pada gambar, agar hasil akhirnya bisa memperlihatkan bahwa lensa Wide Angle adalah lensa yang benar - benar mempunyai karakteristik berbeda dan dapat memberikan suatu cerita ke dalam foto.

Buat kamu yang mempunyai lensa Wide Angle atau sering menggunakannya mungkin hal di atas bisa menjadikan tips yang bisa menjadikan lensa Wide Angle menjadi lensa yang benar - benar mempunyai karakteristik. Gak ingin dong kamu beli lensa percuma begitu saja, apalagi sampai tidak memanfaat fungsi sesungguhnya. Jadi ada baiknya kamu harus mengetahui secara detail fungsi dan kegunaan setiap lensa yang ingin kamu gunakan. Buat kamu yang ingin tahu info tentang fotografi, videografi dan visualisasi menarik dan artikel berikutnya, simak terus Instagram Lensa Community ya.