Joker versi Jared Leto mungkin bukan favorit banyak orang. Bahkan versi satu ini sering jadi sasaran kritik dan ‘contoh’ buruk untuk villain dari film superhero lainnya.

Tapi Zack Snyder mengambil keputusan berani dengan mengikutsertakan inkarnasi Joker satu ini ke dalam proyek Snyder Cut dari Justice League yang sedang diselesaikan olehnya. Soalnya, Joker dalam DCEU cuma terlibat dalam film Suicide Squad arahan David Ayer tahun 2016 lalu. Bahkan screen time yang dimilikinya cuma 11 menit dari total seluruh adegan yang ada.

Ini membuat banyak fans bertanya, apa sih urgensi Joker bergabung dengan Justice League versi Snyder Cut ini. Kembalinya sang ‘clown prince of crime’ ke semesta DCEU menimbulkan beberapa pertanyaan besar berikut ini, yang tentunya harus terjawab dalam Snyder Cut nanti.

Apakah yang dilakukannya terhadap Robin bakal terungkap?


Dalam film Batman v Superman, sebuah scene di dalam Batcave menunjukkan patung dengan kostum Robin yang dicoret oleh Joker. Di sana diceritakan bahwa Joker adalah penyebab kematian Robin dalam semesta DCEU. Versi dari Robin yang dimaksud dalam scene tersebut adalah Dick Grayson, yang nantinya jadi Nightwing ketika memutuskan untuk menggantikan posisi Batman.

Meski begitu, gak ada yang pernah tau apa yang dilakukan oleh Joker pada Dick Grayson hingga membuatnya terbunuh saat beraksi. Dengan melibatkan Joker, apakah kali ini akan terungkap penyebab kematian sang sidekick?

Berapa lama jeda waktu antara Suicide Squad dan Justice League?


Ketika rilis, hal tersebut sangat mudah untuk dijawab karena kedua film cuma berjarak satu tahun. Tapi, kini ada keterkaitan yang signifikan di antara kedua film ini. Hal tersebut memunculkan pertanyaan tentang sudah berapa lama waktu berlalu pasca kehadiran Joker terakhir kali dalam Suicide Squad hingga kejadian yang ada dalam Justice League.

Hal tersebut mengingat udah banyak yang terjadi pasca Suicide Squad seperti bagaimana dirinya berpisah dengan Harley Quinn. Gak ada yang tau juga apa yang dilakukannya selama jeda waktu yang ada. Mungkinkah film ini bakal mengungkapkan hal tersebut?

Apakah Joker bakal bikin Justice League terintegrasi lebih baik dengan DCEU?


Pertanyaan ini berkaitan tentang peran apa yang dilakukan oleh Joker selama kejadian film Justice League. Mungkinkah Joker memberikan hubungan yang lebih baik antara Justice League-Suicide Squad, dengan keseluruhan DCEU? Ataukah sang kriminal bakal cuma hadir sebagai pelengkap dan bagian dari masa lalu Batman yang diperankan Ben Affleck sebelum kejadian Justice League?

Ketiga pertanyaan ini rasanya perlu terjawab lewat Justice League versi Snyder Cut nanti. Soalnya, keterlibatan Joker emang bikin sebagian fans heran karena rasanya bakal ‘maksain banget’ kalau Joker muncul secara tiba-tiba.