Warner Bros. akhirnya merilis film solo Joker setelah sebelumnya karakter villain ini hanya menjadi bagian dari dunia Batman. Buat loe yang mau nonton akhir pekan ini, simak dulu beberapa fakta menarik tentang film garapan sutradara Todd Phillips:

1. Asal Usul Joker



Selama karakter Joker eksis, belum ada filmmaker yang bikin cerita utuh soal asal usul Joker. Karakter aslinya bernama Arthur Fleck, dia adalah stand up comedian yang terlupakan. Arthur seperti tidak diterima oleh masyarakat. Selain itu beberapa masalah pribadi juga membentuk karakternya menjadi orang jahat.

Joker dengan kejeniusannya, membuat chaos kota Gotham dan menjadi ancaman serius. Tapi buat Joker, akhirnya dia bisa mendapat perhatian masyarakat.


2. Joaquin Phoenix Aktor ke-6 yang Meranin Joker



Tokoh Joker pertama kali dimainkan oleh Cesar Romero dalam sebuah serial televisi klasik tahun 1960-an. Setelah itu ada Tim Burton yang memerankan sosok Joker di film garapan Tim Burton, sementara Mark Hamill cuma mengisi suara di versi animasinya.

Tokoh Joker hidup lagi lewat penampilan cemerlang dari Heath Ledger di trilogi Dark Knight karya Christopher Nolan. Sayangnya, Heath meninggal dunia sebelum sempat lihat filmnya rilis di bioskop. Aktor selanjutnya yang dipercaya meranin Joker adalah Jared Leto di film Suicide Squad. Tapi karakternya cuma dapat bagian kecil dalam cerita.

Joaquin Phoenix siap membawa lagi kejayaan Joker lewat film garapan Todd Phillips.


3. Totalitas Joaquin Phoenix



Kalau loe lihat trailer filmnya, kelihatan kalau tokoh Joker punya tubuh yang kurus banget. Ternyata Joaquin Phoenix harus menurunkan berat badan sampai 23 kilogram!

Dia melakukan diet ketat untuk mendalami karakter Joker sebagai manusia yang terlupakan dan dianggap sampah masyarakat.


4. Menang Penghargaan



Film Joker udah dapat penghargaan sebelum tayang ke bioskop komersial. Joker berhasil bawa pulang penghargaaan tertinggi The Golden Lion Awards di acara Venice Film Festival 2019.

Akting Joaquin Phoenix dipuji kritikus dan dapat standing ovation selama 8 menit di festival tersebut. Joaquin juga digadang-gadang bakal masuk nominasi Oscar.