4 Film Horor “Found Footage” Ini Bakal Bikin Lo Merinding!

LAZONE.ID - Film horor yang pake metode berbeda ini berhasil bikin para penontonnya ketakutan.

Film horor adalah salah satu genre film yang penggemarnya banyak. Dalam perkembangannya, banyak banget film-film horor fenomenal yang berhasil bikin yang nonton film tersebut dag dig dug karena kengerian di dalamnya. Para film maker berlomba membuat konsep film horor yang sempurna supaya kengerian cerita yang berusaha mereka sampaikan dapat diterima oleh penonton.

Salah satu konsep yang unik adalah dengan metode “found footage”. Metode ini pertama kali diterapkan oleh ‘Blair Witch Project’ 1999 sebagai sebuah eksperimen dalam membuat film. Ternyata, metode tersebut sukses dan dianggap membawakan sudut pandang cerita yang baru dalam membuat film. Bahkan dari eksperimen tersebut, “found footage” jadi sub-genre dari genre horor.

Nah bro, berbicara soal found footage, gue udah rangkum nih beberapa film horor terbaik yang dibawakan dengan metode tersebut. 

 

Creep (2014)

Film ini seakan nunjukin ke penonton bahwa sebuah film horor gak membutuhkan manusia super atau makhluk supranatural untuk menjadi pusat ceritanya. Orang-orang biasa yang ada di sekitar kita juga bisa menjadi sebuah ancaman, terutama jika orang tersebut adalah seorang psikopat.

‘Creep’ menceritakan seorang videografer bernama Aaron yang mengambil project untuk mendokumentasikan seorang pasien kanker. Lalu, Josef, pria yang jadi sumber masalah dari film ini ternyata bukanlah apa yang sering dibilang oleh orang lain. Dirinya banyak menebar ketakutan melalui kemunculan-kemunculannya dalam frame.

 

Paranormal Activity

Siapa sih yang gak tau film fenomenal satu ini, film yang dipuji-puji karena keberhasilannya membuat sebuah film horor ciamik dengan modal minim.

Sebagian dari lo pasti gak bisa tidur nyenyak setelah menonton film ini.  Film yang seakan direkam tanpa script ini emang terlihat begitu nyata di mata penonton. Lo juga gak bakal liat penampakan-penampakan hantu yang berlebihan di film ini. Hanya saja, gangguan makhluk astral yang ada dalam film ini terasa begitu nyata.

 

[REC]

Seperti layaknya ‘Paranormal Activity’, film ini menggunakan kekuatan teknik found footage dengan sangat bagus. Film ini diambil dengan gelap dan minimalis, cuma fokus dengan objek yang ada di depan kamera dan sedikit sekali mengungkap apa yang ada di sekitarnya bikin film ini tambah mencekam di mata penonton.

 

Blair Witch Project

Tentu aja, film yang memulai subgenre found footage ini bakal masuk ke dalam list. Meski udah 20 tahun berlalu, film ini tetap bisa ngasih lo aura mencekam ketika menontonnya. Ditambah gambar yang seakan memang diambil menggunakan kamera perekam amatir, bikin film ini tambah mengerikan. 

Film ini menceritakan tentang 3 filmmaker yang terjebak di sebuah hutan dan diganggu oleh suara-suara dan gangguan-gangguan supranatural.

Mana nih film di atas yang menurut lo paling serem? Kalau lo memutuskan buat nonton lagi, pastiin lo ga nonton sendirian ya, Bro!