4 Film Keren Dengan Tema Kemerdekaan!

LAZONE.ID - Film-film buat menemani lo di peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74.

Momen ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 ini emang banyak banget cara buat merayakannya Bro. Mulai dari ikut perlombaan khas “Agustus-an” sampe menyaksikan atau bahkan ikut upacara bendera.

Salah satunya nih Bro, lo bisa nonton film-film seru tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia ini. Penasaran gak nih Bro apa aja film tentang kemerdekaan yang bisa nemenin perayaan 17 Agustus lo? Berikut ini udah gue kumpulin beberapa di antaranya, Bro.

 

Trilogi ‘Merah Putih’ (2009, 2010, 2011)

Trilogi ‘Merah Putih’ yang terdiri dari ‘Merah Putih’ (2009), ‘Merah Putih 2: Darah Garuda’ (2010), dan ‘Merah Putih 3: Hari Merdeka’. Kabarnya total biaya pembuatan trilogi film ini mencapai Rp 60 Miliar saat itu. Biaya besar ini rasanya wajar Bro, soalnya lo bakal lihat banyak practical effect dan detil yang gak sembarangan. Trilogi ini juga bertabur bintang di dalamnya ada Amir (Lukman Sardi) yang berperan sebagai komandan tim, Marius (Darius Sinathrya), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu Wikana), Soerono (Zumi Zola), Senja (Rahayu Saraswati), Melati (Astri Nurdin), dan ada juga mendiang Rudy Wowor yang jadi antagonis di salah satu filmnya.

 

Jendral Soedirman (2015)

Jendral Soedirman adalah jendral pertama dan termuda yang dimiliki oleh Indonesia. Film ini menceritakan perjuangan sang jendral dalam memerdekakan dan mempertahankan kemerdekaan yang udah diraih Indonesia. Film ini berlatarkan saat Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi ibukota Indonesia dan pengasingan Presiden Soekarno ke Pulau Bangka saat Agresi Militer Belanda jilid 2. 

 

Soegija (2012)

Mosinyur Albertus Soegijapranata SJ adalah salah satu pahlawan nasional yang diberi penghargaan oleh Presiden Soekarno. Film ini bercerita dari mulai dirinya ditasbihkan menjadi uskup pribumi pertama sampai akhir perang kemerdekaan, jadi kira-kira, latar ceritanya ada pada tahun 1940-1949. Soegija dikisahkan sebagai seseorang yang mengambil peran dalam politik lokal, nasional, dan internasional dalam meringankan penderitaan masyarakat korban perang.

 

Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Dari judulnya, lo udah bisa nebak kalau film ini bercerita tentang sebagian dari perjuangan Soekarno dalam membawa Indonesia kepada proklamasi kemerdekaan. Ini dimulai dengan aksinya menaiki mimbar saat usia 24 tahun dan mengatakan bahwa Indonesia harus merdeka saat itu juga. Ini bikin Soekarno harus diasingkan ke beberapa tempat termasuk salah satunya Bengkulu. Soekarno yang diperankan Aji Santosa berjuang bersama Moh. Hatta yang diperankan oleh Lukman Sardi.

Kalau lo sendiri, mau ngapain aja nih selama 17 Agustus ini, Bro?