Dalam cerita sebuah komik atau film, seseorang yang menjadi villain biasanya punya peran jahat dan menyebabkan situasi berbahaya buat manusia dan hero yang jadi tokoh protagonisnya.

Para karakter protagonis ini gak jarang harus mengorbankan nyawa mereka demi menghentikan rencana jahat villain yang jadi lawan mereka. Lo bisa ngambil contoh Tony Stark yang rela tewas setelah menjentikkan lima Infinity Stones di sarung tangan gauntlet buatannya untuk mengalahkan Thanos beserta pasukannya.

Tapi, dalam beberapa keadaan, seorang villain bisa juga berbuat baik. Dalam aksinya, bahkan beberapa villain ini sampai menyelamatkan umat manusia, Bro.

 

Doctor Octopus

Buat lo semua yang nonton Spider-Man versi Tobey Maguire, pasti inget dong sama film ‘Spider-Man 2’. Oleh sebagian orang, film ini masih dianggap sebagai film Spider-Man terbaik. Villain utama film ini, Doctor Octopus (Otto Octavius) berencana menciptakan sebuah alat yang dapat menghasilkan energi luar biasa. Pada akhirnya Doc Ock sadar bahwa hal tersebut terlalu berbahaya untuk manusia dan mengorbankan dirinya sendiri untuk menghancurkan mesin tersebut dan menenggelamkannya ke dasar sungai.

 

Lex Luthor

Para penggemar komik DC pasti tau bahwa Lex Luthor adalah musuh bebuyutan Superman. Bahkan di film Batman v Superman, dirinya berhasil membunuh Superman dengan menghidupkan Doomsday. Tapi Bro, dalam cerita komik ‘New 52’, Lex Luthor mengambil alih tugas Superman setelah sang Man Of Steel tewas. Lex menggunakan sebuah kostum yang mirip dengan kostum Iron Man, lengkap dengan simbol “S” yang identik dengan Superman. Lalu dirinya bekerja sama dengan Superman dari dimensi lain untuk melawan villain yang mengancam kota Metropolis.

 

Magneto

Dari banyak film dan komik X-Men yang udah keluar, Magneto seringkali muncul sebagai seorang villain. Dalam film, niat Magneto sebenarnya gak jahat, dirinya cuma pengen melindungi para mutan meski dengan cara yang radikal. Dalam komik, Magneto pernah menyelamatkan sebuah pulau bernama Utopia. Dengan kekuatannya yang mampu memanipulasi medan magnet dan gravitasi, Magneto berhasil mencegah gempa bumi yang mengguncang pulau tersebut dan menyelamatkan seisi pulau dari kehancuran.

 

Loki

Dari film-film MCU, lo bisa liat bahwa Loki adalah karakter dengan motif yang sulit ditebak. Kelakuannya di komik pun gak beda jauh, meskipun sering muncul sebagai villain, Loki juga ternyata pernah berbuat baik. Dalam cerita Marvel ‘Siege’, Loki sempat terbunuh ketika menggunakan Norn Stones untuk melindungi Asgard. Setelah dihidupkan kembali, dirinya bersedia membantu Thor untuk melindungi bumi dari paman mereka Cul Borson setelah sang ayah Odin Borson menolak untuk melawannya.

Villain gak selamanya jahat ternyata, Bro. Menurut lo, mana aksi dari para villain ini yang paling heroik?