Marvel Cinematic Universe (MCU) akan kembali memiliki superhero dengan armor canggih lewat karakter Ironheart, yang akan debut dalam film Black Panther: Wakanda Forever.

Ironheart adalah superhero yang memiliki nama asli Riri Williams. Karakter superhero perempuan muda berkulit hitam ini akan diperankan oleh aktris Dominique Thorne.

Sebelum tampil dalam serial solonya di Disney+ pada 2023 mendatang, Ironheart akan lebih dulu menjalani debut di MCU melalui Black Panther: Wakanda Forever yang dijadwalkan tayang pada 11 November tahun ini.

Dalam trailer Black Panther: Wakanda Forever, karakter Riri Williams sekilas ditampilkan tengah berbincang akrab dengan adik mendiang T'Challa, Shuri.

Melihat keakraban keduanya, bukan tidak mungkin Riri Williams a.k.a Ironheart ini bakal menjadi karakter penting dalam sekuel Black Panther ini yang juga akan menampilkan karakter raja Atlantean, Namor the Sub-Mariner (Tenoch Huerta).

Nah, dengan nama karakter yang mirip Ironman ini, lo mungkin penasaran siapa sih sebenarnya Ironheart? Untuk lebih jelasnya, lo bisa simak artikel di bawah ini.

1. Penerus Iron Man


Credit: Marvel.com


Ironheart adalah karakter baru dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Dia muncul sebagai pengganti Tony Stark a.k.a Iron Man yang wafat baik di film maupun beberapa serial komik.

Dalam komiknya, dia diceritakan menarik perhatian Tony Stark karena kecerdasanya. Dia bahkan sempat magang di kantor Stark layaknya Peter Parker/Spider-Man.

2. Punya Armor Mirip Mark I Milik Tony Stark


Meski baru muncul sekilas di trailer Black Panther: Wakanda Forever, armor Ironheart sudah keburu bocor lewat action figure keluaran Funko Pop. Di situ terlihat Ironheart memiliki armor yang belum sempurna.

Armor yang akan dipakai Riri Williams kemungkinan seperti baju besi milik Tony Stark di film Iron Man pertama yakni Mark I yang dibuat dari alat-alat seadanya.

Meski demikian, tampilannya terlihat lebih canggih dan tidak sekaku Mark I milik Iron Man. Terdapat juga booster di tangan kanannya yang memungkinkan Ironheart mengeluarkan meriam repulsor.

3. Baru Muncul di Komik pada 2016


Credit: Screenrant


Selain merupakan karakter baru di MCU, Ironheart sejatinya juga bukanlah superhero klasik yang dimiliki Marvel sejak dulu. Dia baru diperkenalkan lewat komik Invincible Iron Man pada 2016 silam.

Karakter superhero perempuan remaja ini diciptakan oleh penulis Michael Bendis yang bekerjasama dengan artis  Mike Deodato.

4. Sejenius Tony Stark


Photo: Marvel


Ironheart tak hanya terpilih sebagai penerus Ironman karena sama-sama mengenakan armor baja dalam menjaga kedamaian bumi. Lebih dari itu, Riri Williams adalah seorang remaja jenius seperti halnya Tony Stark.

Melansir laman resmi Marvel, Riri Williams diceritakan lahir setelah kematian ayahnya. Dia dibesarkan oleh ibu dan ayah tirinya di Chicago, Illinois.

Pada usia lima tahun, serangkaian tes menunjukkan bahwa dia memiliki kecerdasan tingkat super jenius. Pada usia 11 tahun, dia pun mendapat kesempatan kuliah di Massachusetts Institute of Technology (M.I.T.), kampus yang juga jadi tempat Tony Stark menimba ilmu.

5. Melawan Tradisi


Credit: YouTube Marvel Studios


Ironheart menjadi sedikit dari banyaknya karakter Marvel yang melawan tradisi. Brian Michael Bendis sengaja membuat karakter Riri Williams sebagai remaja perempuan berkulit hitam lantaran bosan dengan mayoritas karakter superhero yang merupakan laki-laki berkulit putih.

Lebih dari itu, penamaan karakter Ironheart juga sedikit menyimpang dari kebiasaan Marvel. Biasanya, karakter superhero perempuan akan diberi nama yang lebih feminin seperti She-Hulks dan Spider-Girl.

Namun, karakter Riri Williams ini diberi nama Ironheart yang sebanding dengan Jane Foster yang tetap diberi nama Thor tanpa embel-embel "She", "Girl" atau "Female" meski merupakan seorang perempuan.

Karakter Ironheart memperkaya deretan superhero Marvel yang lebih menyuarakan kesetaraan ras dan gender bersama Spider-Man kulit hitam (Miles Morales), pahlawan super muslim Amerika Serikat Ms. Marvel (Kamala Khan) dan Hulk Asia-Amerika (Amadeus Cho).