5 Film Sepak Bola Buat Lo Tonton di Tengah Jeda Kompetisi

LAZONE.ID - Buat menjaga passion lo terhadap sepak bola

Belakangan ini dunia sepak bola sedang lesu karena beberapa kompetisi besar harus terhenti sementara. Bahkan sebelum sebelum berhenti sementara, kemeriahan udah sedikit memudar karena pertandingan harus digelar tanpa penonton. Stadion di laga-laga besar seperti Liverpool vs Atletico Madrid terlihat hampa karena gak ada penonton yang hadir di stadion.

Bahkan seperti yang lo tau bahwa kompetisi besar seperti Euro 2020 sampai harus diundur satu tahun demi memberi ruang untuk kompetisi lainnya di akhir musim.

Meski begitu, lo gak perlu sedih nunggu kompetisi kembali berjalan, Bro. Gue ada rekomendasi beberapa film tentang sepak bola yang bisa lo tonton di tengah jeda kompetisi ini.

Goal! The Dream Begins

Pasti banyak yang tau tentang film satu ini. Di akhir tahun 2000-an, film Goal! The Dream Begins sering diputar di beberapa stasiun tv nasional. Buat lo yang belum tau, film ini menceritakan seorang imigran yatim di Amerika Serikat bernama Santiago Munez yang mengejar mimpinya jadi pemain sepak bola profesional. Bakatnya ditemukan oleh seorang pemandu bakat Inggris yang ceritanya dulu merupakan legenda klub Newcastle United. Setelah diberi kesempatan trial, Santiago Munez pun mulai menjalani lika-liku hidup sebagai pemain profesional.

Dalam film ini, lo bakal melihat beberapa pemain sepak bola legendaris seperti Steven Gerrard, Alan Shearer, Zinedine Zidane, hingga David Beckham.

The Damned United

The Damned United mengangkat kisah Leeds United yang baru baru aja berganti gaya kepelatihan dari Don Revie ke Brian Clough. Cerita dalam film ini mengangkat sebuah setting asli tahun 1974 dengan nama tokoh sungguhan namun dibumbui banyak kisah fiksi di dalamnya. 

Dua pelatih legendaris Inggris yang disebut barusan punya pendekatan bermain yang berbeda jauh. Don Revie terkenal karena punya gaya permainan yang mengandalkan fisik, bahkan permainan yang keras. Brian Clough sebagai mantan pelatih Derby County juga merupakan seorang mantan pengkritik keras Leeds United karena gaya bermainnya yang keras. Banyak konflik menarik di dalamnya dan visual dengan setting 1970an yang jadi daya tarik.

Brian Clough sendiri diperankan oleh Michael Sheen dan sang asisten pelatih, Peter Taylor diperankan oleh Timothy Spall yang juga pernah bermain untuk franchise Harry Potter.

Shaolin Soccer

Film ini mungkin bukan film yang serius mengangkat tema sepak bola, tapi tetap sangat menarik untuk ditonton. Shaolin Soccer menceritakan seorang gelandangan yang punya skill sepak bola tinggi yang diperankan oleh Stephen Chow harus menafkahi hidupnya yang serabutan. Harapan tiba ketika seorang pelatih yang punya cedera kaki dan diperankan oleh Ng Man Tat yang punya tekad menjuarai turnamen sepak bola.

Karena memadukan unsur kungfu shaolin dengan sepak bola, film ini dilumuri banyak humor yang gak bakal bikin lo bosen walau udah nonton berkali-kali. 

Green Street Hooligans

Film ini mengangkat sisi lain sepak bola dengan melihat kehidupan para hooligans sepak bola Inggris. Film ini mengungkap sedikit tentang sisi gelap  kehidupan hooliganisme para pendukung West Ham yang penuh kekerasan. Di dalamnya ada beberapa bintang besar Hollywood Bro, di antaranya adalah Elijah Wood dan Charlie Hunnam.

Berbeda dengan ketiga film sebelumnya, Green Street Hooligans bakal bawa lo melalui drama dari sudut pandang seorang fans fanatik.

Pele: Birth Of A Legend

Sosok Pele udah gak mungkin dipisahkan dari sejarah sepak bola Brazil. Sang legenda mempersembahkan 3 piala dunia untuk tim samba, yang merupakan sesuatu pencapaian yang sangat luar biasa.

Dalam film Pele: Birth Of A Legend, lo bakal menemukan plot yang mirip dengan Goal! The Dream Begins. Lo bakal dibawa melihat sepak terjang seseorang yang berjuang untuk jadi pemain sepak bola profesional meskipun lahir dari keluarga yang miskin. Bedanya, film ini mengangkat seorang legenda hidup sepak bola sungguhan dan punya nilai sejarah bagi negaranya.

Film mana nih yang bakal lo tonton duluan, Bro? Atau mungkin lo punya rekomendasi film tentang sepak bola yang lain?