WandaVision benar-benar menyajikan banyak hal buat para penggemar Marvel.

Emang sih, serial yang tayang di Disney Plus ini menuai pro dan kontra tentang ceritanya, tapi mereka sudah menawarkan sesuatu yang berbeda. WandaVision mendobrak tradisi film adaptasi komik tentang siapa penjahat dan siapa jagoan. Serial ini juga berani menjelajahi sisi psikologis karakter utamanya.

Karena bakal melibatkan banyak hal, WandaVision juga menyelipkan berbagai hal lain dari film-film Marvel sebelumnya. Bahkan di episode 4 beberapa waktu lalu, lo bisa melihat sebuah reference terhadap film Ant Man.


Lo mungkin masih ingat dengan karakter Jimmy Woo yang diperankan Randall Park dalam film Ant-Man & The Wasp. DIrinya adalah seorang agen FBI yang ditugaskan mengawasi Scott Lang alias Ant-Man sebagai tahanan rumah.

Jimmy Woo mendatangi rumah Scott Lang pada sebuah adegan dalam film tersebut.

Scott Lang yang sudah terlalu lama berdiam diri di dalam rumah pun mempelajari banyak hal dan salah satunya adalah trik sulap kartu. Dirinya gak segan memperlihatkan trik sulap tersebut di hadapan Jimmy Woo. Ternyata, agen FBI satu ini malah tertarik untuk mempelajari sulap tersebut.


Ternyata Jimmy Woo benar-benar menerapkan trik kartu tersebut yang kemungkinan benar-benar diajarkan oleh Scott Lang padanya. Ini menunjukkan bahwa Scott terlibat aktif dalam WandaVision walau secara tidak langsung.

Reference yang minor ini juga nunjukin bahwa Jimmy Woo mendapatkan perkembangan karakter. Marvel juga seakan ingin menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap detail-detail kecil dalam cerita.

Mungkin udah saatnya lo memperhatikan setiap detail kecil yang ada dalam WandaVision atau serial dan film MCU lainnya. Soalnya bukan gak mungkin, bakal ada satu hal yang terjadi dari detail yang biasanya dilewatkan oleh orang biasa.