Siapa yang udah nonton Wonder Woman 1984 di bioskop?

Mungkin gak semua orang punya kesempatan nonton di bioskop akhir tahun ini. Selain jumlah pengunjung yang masih sangat dibatasi, sebagian orang juga tentu masih was-was akan tertular virus corona jika terlalu lama berkerumun dengan banyak orang di sebuah ruangan.

Wonder Woman 1984 kembali sebagai sekuel film pertamanya dan punya latar waktu hampir 70 tahun setelah film pertama tersebut. Latar cerita sekuel ini juga terjadi jauh sebelum latar dari film-film DCEU lainnya. 

!!!Mungkin bahasan selanjutnya bakal jadi spoiler banget buat sebagian orang. Tapi kalau lo penasaran, boleh banget lanjutin baca.!!!

Sejak kemunculan trailer perdana Wonder Woman 1984, ada satu hal yang mengganggu dan jadi pertanyaan buat banyak orang. Hal tersebut adalah tentang bagaimana caranya Steve Trevor kembali hidup setelah hampir 70 tahun lalu tewas dalam ledakan pesawat saat adegan pertarungan terakhir di film pertama. Bahkan dalam jangka waktu 70 tahun yang seharusnya udah dilewatinya, Steve Trevor terlihat gak begitu menua secara fisik.

Ternyata benar saja, ada yang salah dengan kehadirannya di sekuel film Wonder Woman ini, Bro.


Masalah terletak pada bagaimana Steve Trevor diceritakan hidup di tahun 1984 dan bagaimana Diana Prince alias Wonder Woman menyikapi hal tersebut.

Terungkap, ternyata jiwa Steve Trevor hidup di dalam tubuh seseorang yang memang berasal dari tahun tersebut. Bahkan dirinya melihat orang tersebut jika berdiri di depan cermin. Hal tersebut terasa mengganggu karena itu artinya Steve Trevor mengambil dan menggunakan hidup orang lain cuma untuk bertemu dengan Diana.

Begitupun saat Diana melihatnya, respon sang hero adalah “All I see is you,” yang menunjukkan bahwa dirinya tidak peduli jika Steve Trevor terlihat seperti orang lain sewaktu-waktu.

Bahkan Diana nyaris tidak pernah mempertanyakan hal tersebut. Padahal dalam cerita yang ada di balik layar, kematian Steve Trevor adalah salah satu hal yang memotivasi dirinya untuk tetap hidup dan membela kebenaran di semesta DCEU. Seperti pada adegan Diana Prince hampir cekcok dengan Bruce Wayne di film Justice League karena sang Batman mengungkit masa lalunya bersama Steve Trevor.

Atau mungkin, adegan tersebut secara tersirat menggambarkan pengalaman traumatis yang dirasakan batin Wonder Woman setelah kejadian di film keduanya ini? Satu yang pasti adalah cara Steve Trevor kembali bersama Wonder Woman adalah sesuatu yang mengganjal buat banyak orang. Terlebih, Wonder Woman yang selalu menjunjung tinggi kebenaran tampak tidak keberatan dengan cara hidup Steve Trevor yang mengambil kehidupan orang lain dan menjalani hidup sebagai prang tersebut.

Buat lo yang udah nonton filmnya, apakah menurut lo ada makna atau pesan serta rahasia yang sedang disembunyikan oleh DCEU dengan cara kembali Steve Trevor yang terasa janggal?