Penantian para penggemar DCEU dan DC Comic pada umumnya akhirnya terwujud! Setelah kurang lebih 3 tahun bikin petisi di media sosial dengan tagar #ReleaseTheSnyderCut, akhirnya sang sutradara Zack Snyder mengumumkan perilisan film tersebut. Gak cuma di media sosial, aktor Aquaman, Jason Momoa juga berulang kali menyebutkan bahwa Justice League versi Zack Snyder Cut harusnya punya hubungan langsung dengan film Aquaman yang dirilis pada 2018 lalu.

Snyder Cut sendiri adalah film Justice League versi arahan Zack Snyder sebelum dirinya mundur di pertengahan proyek film dan digantikan oleh Joss Whedon. Banyak yang menilai penggantian sutradara inilah yang bikin Justice League mengundang kritik negatif.

Kabar ini diumumkan oleh Zack Snyder sendiri dalam ajang Man Of Steel watch party beberapa waktu lalu dengan merilis gambar bertuliskan “Zack Snyder’s Justice League”. Kabar tersebut pun dibenarkan oleh HBO Max sebagai platform perilisannya dan Warner Bros sebagai studio yang menaungi DC. 

Karena banyak yang penasaran sama Justice League versi Zack Snyder ini, kira-kira apa yang bakal jadi pembeda dengan versi yang udah dirilis di bioskop?



Karena kabarnya banyak banget hal yang diubah oleh Joss Whedon dan Warner Bros, disini gue bakal nyebutin beberapa hal besar aja yang punya pengaruh penting ke cerita aslinya. Terutama cerita yang udah rampung diproduksi sebelum Zack Snyder mengundurkan diri dari proses pasca produksi.

Kemunculan Darkseid

Darkseid yang bisa disebut Thanos versi DC ini direncanakan sebagai villain terbesar buat DCEU. Darkseid yang diperankan oleh Ray Porter harusnya muncul di awal saat menceritakan invasi Steppenwolf ke bumi, dan pertarungan akhir anggota Justice League saat kembali melawan Steppenwolf. Namun hal tersebut dipotong dari versi rilis bioskop yang bikin Ray Porter sebagai pemerannya ikut vokal menyuarakan supaya Snyder Cut dirilis secara luas.

Latar belakang Cyborg

Cyborg yang punya nama asli Victor Stone adalah salah satu karakter yang gak diceritakan secara detail latar belakangnya. Dalam versi Snyder Cut dikatakan bahwa Cyborg seharusnya punya cerita latar belakang yang sedikit lebih mendalam pada film tersebut. Seharusnya, kisah di balik kecelakaan dirinya diceritakan sehingga sang ayah terpaksa mengganti tubuhnya menggunakan teknologi dari Mother Box, benda yang diincar oleh Darkseid dan Steppenwolf sepanjang film. Ini juga harusnya mengisahkan bagaimana Darkseid bisa kembali ke bumi karena teknologi tersebut terhubung dengan teknologi yang dimilikinya.

Alasan kemunculan The Flash di Batman v Superman

Buat lo yang juga nonton Batman v Superman 2016 lalu, lo pasti tau adegan di mana Bruce Wayne yang tertidur di Batcave didatangi oleh The Flash yang menggunakan Cosmic Treadmill. Di sana dirinya memperingatkan Batman untuk bersiap sebelum Darkseid kembali ke bumi. Sayangnya, di film Justice League adegan tersebut gak diperlihatkan sama sekali.

Detail adegan Superman yang kembali dihidupkan

Superman di film Justice League adalah salah satu hal yang bikin fans kecewa. Di antaranya adalah karena proses menghidupkannya yang gak detail dan penampilannya saat kembali muncul yang gak lengkap. Superman seharusnya menggunakan kostum berwarna hitam saat kembali hidup dan bertarung dengan anggota Justice League yang lain. Masalah CGI pada wajahnya pun adalah salah satu hal yang disebabkan oleh proses pengambilan gambar ulang dan perubahan cerita yang dilakukan oleh Joss Whedon.

Pertarungan Aquaman dan Mera melawan Steppenwolf di Atlantis

Seperti yang gue sebutkan di awal, menurut Jason Momoa film Justice League harusnya punya keterkaitan untuk memulai film Aquaman. Nah, pada versi Snyder Cut dikatakan bahwa pertarungan tersebut seharusnya berjalan lebih lama dan punya detail yang yang mengarah kepada film Aquaman.

Melihat banyaknya perbedaan yang ada, Justice League versi Snyder Cut juga disebut-sebut punya durasi yang jauh lebih panjang daripada aslinya yang hanya punya durasi sekitar 120 menit. Banyak sumber yang bilang bahwa Snyder Cut sendiri bakal punya durasi sekitar 214 menit atau sekitar 3,5 jam. Durasi yang bahkan lebih panjang dari Avengers: Endgame tahun lalu yang berdurasi sekitar 3 jam. 

Tapi pertanyaannya satu, apakah Snyder Cut bakal lebih baik daripada Justice League versi yang udah dirilis di bioskop? Tunggu aja tahun 2021 nanti di HBO Max, Bro!