Fast & Furious adalah contoh franchise film yang selalu memiliki ide untuk terus melanjutkan ceritanya. Seperti franchise besar lainnya, film Fast & Furious punya skala yang berkembang di setiap filmnya hingga mungkin suatu hari mencapai klimaks.

Formula yang sama dilakukan oleh dua franchise film mata-mata, James Bond era Daniel Craig dan juga Mission: Impossible. Cerita di kedua film terus berkembang dengan skala ancaman yang juga terus membesar.

Berbeda dengan kedua franchise tersebut, formula yang diterapkan oleh Fast & Furious juga ikut berkembang seiring dengan berjalannya cerita. Franchise ini semula menceritakan seorang polisi yang menyamar ke dalam sindikat balap liar untuk mengungkap aksi pembajakan truk yang marak terjadi. Namun plot terus berkembang hingga akhirnya menceritakan ketua geng balapan liar yang mengumpulkan tim khusus dan jadi penyelamat dunia.

Sesuatu yang absurd jika didengar begitu saja, tapi jika diterapkan pada film seperti Fast & Furious, hal tersebut jadi sesuatu yang luar biasa.

Meninggalkan konsep balap liar seperti di film pertama sampai spin off Tokyo Drift adalah hal yang tepat.


Konsep balapan liar terlalu repetitif jika ingin digunakan sebagai bumbu untuk menghadapi kejahatan di dalam film. Beralih dari balapan ke murni action adalah langkah yang tepat untuk mengembangkan cerita menghadapi ancaman yang lebih besar.

Istilahnya, lo gak mungkin menghadapi hacker kelas dunia seperti Cipher di film Fast & Furious 8 cuma dengan bermodal latar belakang balap liar.

Emang banyak fans yang ingin kembali melihat unsur balap liar seperti di film pertama dan kedua karena emang itulah nyawa sebenarnya dari franchise ini. 

Tapi dengan cerita yang udah berkembang sedemikian rupa seperti saat ini, justru memasukkan unsur balapan liar adalah sesuatu yang gak masuk akal dan bakal merusak cerita. Fast & Furious harus menyelesaikan apa yang udah mereka tempuh dengan formula yang ada.

Film ke-9 sendiri bakal tayang April 2021 mendatang, tinggal siap-siap aja karena action di film ini bakal lebih besar lagi dari film-film yang sebelumnya, Bro. Siapa nih yang udah gak sabar nonton film Fast & Furious selanjutnya?