Seperti halnya Marvel, semesta film milik DC pun terus berkembang. Dengan dirampungkannya Snyder Cut, fans berharap kesalahan yang dilakukan Justice League beberapa tahun lalu. Banyak hal yang diperbaiki oleh Snyder Cut dalam Justice League versi arahannya. Hal tersebut bahkan membuat Ben Affleck yang sebelumnya mengumumkan mundur sebagai Batman, kembali untuk peran tersebut.

Salah satu cerita tentang Batman yang banyak dipertanyakan fans adalah keberadaan Robin di semesta tersebut. Untungnya identitas dari Robin DCEU diungkapkan oleh Zack Snyder sendiri. Dirinya mengatakan bahwa Robin yang ada ada bersama Batfleck adalah versi Dick Grayson.

Membuat Robin tetap tewas di semesta DCEU dinilai merupakan sebuah langkah yang tepat. Soalnya, aset cerita tentang Robin lebih pas jika digunakan untuk serial. Seperti yang sedang berjalan di semesta Arrowverse milik CW TV saat ini.


Bahkan banyak yang menilai bahwa Robin perlu segera diperkenalkan ke dalam semesta Arrowverse. Hal ini karena semesta serial DC tersebut butuh melepaskan sosok Batman yang lumayan rumit untuk dilakukan. Masalah tentang sosok Batman ini menguat ketika serial Batwoman yang saat itu masih diperankan Ruby Rose tayang perdana. Fans jadi makin bertanya-tanya “sebenarnya, adakah Batman di Arrowverse?”

Keberadaan Batman di Arrowverse jadi sesuatu yang rumit karena beberapa karakter DC yang ada hubungannya dengan Batman tidak bisa ditampilkan begitu saja di luar layar lebar. Bahkan Joker versi Cameron Monaghan pun gak bisa tampil secara bebas di serial Gotham.

Mungkin pernah sekali di arc crossover Arrowverse yang bertajuk Crisis On Infinite Earths tahun lalu, karakter Bruce Wayne muncul walau cuma sebentar. Bruce Wayne dalam salah satu episode crossover tersebut diperankan oleh Kevin Conroy, orang yang juga kebetulan mengisi suara Batman versi animasi. Namun tetap saja, Bruce Wayne di sana digambarkan sebagai sosok yang lemah karena sebuah penyakit, bukan lagi sebagai sosok Batman.

Bisa dibilang, sosok Robin dapat menggantikan kehadiran Batman jika karakter ini diperkenalkan di serial milik Arrowverse. Kehadirannya juga bisa menghilangkan kerumitan yang ada soal The Caped Crusader selama ini.