DCEU sekarang terlihat sedang mengejar rival mereka dan optimis dengan apa yang sedang dibangun dalam semesta ini. Semesta adaptasi film layar lebar milik DC Comics ini kini punya potensi ekspansi yang jauh lebih besar daripada apa yang udah dimiliki oleh MCU.

Selama satu dekade terakhir, keduanya selalu dibandingkan satu sama lain karena sama-sama mengusung tema shared universe dengan karakter-karakter komik yang mereka miliki. Selama itu pula Marvel selalu jadi standar yang sangat tinggi sebagai pembanding. Bahkan banyak yang menilai DCEU gak bakal pernah mungkin untuk mengejar apa yang udah Disney dan Marvel capai. Terlebih, mereka udah punya 23 film dan sedang bersiap memulai fase yang baru.

Tapi jangan salah Bro, ternyata proses pengembangan yang dilakukan semua pihak dalam DCEU beberapa bulan terakhir membangun optimisme yang tinggi di mata para penggemar. Apa yang mereka lakukan sekarang punya potensi yang sangat luas dan bahkan mungkin lebih luas dari apa yang udah dikembangkan sang rival.

Semuanya dimulai dengan pengumuman pengembangan kembali Justice League setelah versi Snyder Cut secara resmi bakal dirilis oleh Warner Bros lewat HBO Max.



Kabar besar terkait optimisme para penggemar hadir lewat karakter The Flash. Yap, film dari superhero yang diperankan oleh Ezra Miller ini akhirnya menemukan titik terang setelah secara serius mulai masuk ke tahap produksi.

Selain karena Flash versi Ezra Miller, potensi yang besar dari DCEU kini semakin besar karena adanya Flash versi serial tv yang diperankan oleh Grant Gustin. Secara mengejutkan, keduanya pernah berpapasan satu sama lain dalam sebuah event crossover ‘Crisis On Infinite Earths’. Kedua Flash bertemu sebagai dan dianggap sebagai proses pengenalan konsep multiverse kepada semesta DCEU.

Multiverse yang berkembang di antara semesta tv DC dan semesta DCEU bikin keduanya punya potensi yang tak terbatas.



Dengan sejarah komik yang lebih panjang, DC bisa bawa banyak banget karakter masuk ke adaptasi layar lebar mereka. Terlebih konsep multiverse yang diperkenalkan Flash bisa juga bawa superhero dari masa lalu maupun masa depan ke masa di mana film itu berlangsung. Pembicaraan dengan Batman klasik versi Michael Keaton adalah salah satu buktinya.

Berbeda dengan MCU yang bahkan nampaknya masih sangat kesulitan untuk melibatkan karakter superhero yang mereka miliki di serial tv. Bahkan, kejelasan tentang semesta X-Men yang baru aja mereka miliki kembali setelah Disney merger dengan Fox pun masih belum terlihat.

Jadi bisa dibilang, sekarang DC Extended Universe memegang potensi yang jauh lebih besar daripada MCU yang tahun lalu udah mencapai klimaksnya. Ditambah pernyataan beberapa orang yang mengatakan bahwa butuh lebih dari 10 tahun buat Marvel untuk kembali menghadirkan crossover event sebesar Avengers.

Jadi, DCEU punya rentang waktu yang cukup banyak untuk akhirnya menunjukkan potensi mereka yang tertunda setelah sempat terjebak dalam kubangan film-film superhero medioker.

Apa nih harapan lo dengan DCEU yang sekarang sedang banyak melakukan perkembangan, Bro?