Boven Digoel mengangkat cerita tentang seorang dokter yang nekat melakukan operasi sesar dengan silet di  belantara Digoel Papua sekitar tahun 1990-an. Karakter utamanya John Manangsang diperankan oleh penyanyi Joshua Matulessy atau yang biasa disapa J-Flow.

Film ini diadaptasi dari buku tentang kisah nyata John Manangsang berjudul 'Catatan Seorang Dokter dari Belantara Boven Digoel’. Film garapan sutradara FX Purnomo ini mengambil lokasi syuting dengan pemandangan alam yang cantik,.

 Lokasi utamanya antara lain dii Kampung Yahim Sentani, Danau Love Yoka Abepura, Bandara Ama Sentani, Pelabuhan Jayapura, Kampung Netar Sentani, Pantai Kelapa Satu Marauke, Tanah Merah Boven Digoel, Kampung Ampera Boven Digoel, Hutan Wet Boven Digoel, dan Pelabuhan Boven Digoel.

 

Boven Digoel  juga dikenal sebagai salah satu tempat pembuangan tokoh pejuang-pejuang kemerdekaan. Bung Hatta dan Sutan Syahrir pernah berada di kamp konsentrasi pertama yang dibuat di Indonesia oleh Belanda ini.

Buat loe yang belum punya kesempatan liburan ke Papua, bisa nonton film ini untuk melihat keindahan alamnya, juga menyimak sedikit cerita dari Tanah Papua. Boven Digoel yang juga dibintangi Christine Hakim dan Edo Kondolongit ini bakal tayang ke bioskop pada 9 Februari mendatang.

Embed: