Film horror itu nggak kudu banjir darah dan penuh adegan kekerasan. Makin lembut, maksudnya membuat penonton terlena dulu baru "dibikin takut".

Penonton semakin tertantang mengikuti jalan ceritanya. Misteri tersampaikan dengan lembut dan secara pelan mempengaruhi penikmatnya. Jadi lebih menakutkan ketimbang film horor umumnya.
Genre film ini adalah ghost story and gothic romantic. Jadi ada semacam dark energy kalau nonton film Crimson Peak. Nggak heran kalau penulis horror kenamaan Stephen King ngasih rekomendasi, "film ini keren dan nakutin banget".

Terus, film ini juga nggak diputar di Venice Film Festival, karena jenisnya adalah horror. Selain sudah pasti menakutkan, biasanya film drama dan humanisme yang ikut pemutaran di ajang ini.
Pemberitaan juga diramaikan oleh aktor Inggris yang rencananya mau menjadi pemeran utama pria misterius itu, yaitu Benedict Cumberbatch. Dia akhirnya diganti Tom Hiddleston. Masih sama-sama Inggris dan lahirnya juga sama-sama di London, cuma beda tahun. Jadi kalau wartawan mau ngasih kredit siapa yang lebih pantes, bisa konser pakai parameter akting mereka aja.