Akhirnya, setelah beberapa bulan hampir seluruh dunia melakukan karantina mandiri kini aktivitas di berbagai tempat bakal berangsur dipulihkan. Seperti yang lo tau, banyak banget kegiatan yang terhenti selama beberapa bulan masa krisis covid-19, di antaranya adalah penutupan bioskop dan juga penundaan proses syuting beberapa film.

Ini bikin kegiatan di banyak sektor jadi gak berkembang dan banyak film pun jadwalnya diundur karena kuatir dengan penularan yang terjadi selama beberapa bulan belakangan.

Tapi ternyata praktek social distancing yang dilakukan hampir seluruh dunia gak menghalangi seorang YouTuber Eric Tabach untuk membuat film. Yap, meski gak bisa kemana-mana, Eric Tabach bersama Christian Nilsson berhasil bikin film dengan judul Unsubscribe.



Wah, film tentang apa itu?

Jadi, film horror independen yang absurd ini menceritakan tentang beberapa YouTuber yang mengalami terror warganet selama melakukan conference call. Panggilan video tersebut tentunya menggunakan aplikasi Zoom yang sekaligus jadi media perekamannya. Karena cuma menggunakan Zoom, jadinya gak ada ‘aktor’ film tersebut yang saling bertemu selama proses pengambilan gambar.

Hal paling unik sebenarnya gak berhenti di situ Bro. Sebelum membuat filmnya, Tabach dan Nilsson memikirkan tentang bagaimana film apapun yang masuk pertama ke bioskop bakal jadi pemuncak Box Office. Memanfaatkan keadaan tersebut lah ide membuat film bermodal Zoom ini muncul.

Setelah filmnya jadi, mereka berdua pun akhirnya menyewa sebuah studio bioskop dan membeli tiket untuk semua kursi yang ada dan semua uang yang mereka keluarkan bakal kembali ke kantong mereka masing-masing. Dengan metode ini artinya di Box Office film tersebut tercatat mendapatkan pemasukan walaupun sebenarnya gak ada uang yang keluar sama sekali di samping uang penyewaan studio.

Dalam 3 hari, film tersebut pun tercatat “menghasilkan” USD $25,488 (sekitar Rp363 juta). Cara yang nyeleneh emang, tapi itu berhasil membuat Unsubscribe memuncaki tangga Box Office selama pandemi.

Penasaran Bro? Lo bisa nonton filmnya langsung di platform streaming Vimeo.