Mengikuti cerita X-Men: Apocalyse, para mutant superhero yang tergabung dalam kelompok X-Men sepertinya butuh pemimpin baru. Banyak penggemar yang merasa kalau Cyclops pantas untuk mengemban tugas tersebut.

Scott Summers alias Cyclops adalah anggota asli X-Men yang diperkenalkan Marvel di komik mereka pada 1963. Cyclops membantu membentuk The Avengers versi mutant.

Tapi, dari filim-film X-Men, Cyclops hanya kedapatan peran pendukung. Dia kalah pamor dari karakter lain seperti Wolverine yang dimainkan Hugh Jackman di trilogi awal bersama Charles Xavier, Erik, dan Raven.

Dalam seri orisinal trilogi X-Men, Bryan Singer memberikan bumbu cinta segitiga antara Cyclops, Wolverine dan Jean Grey. Tokoh Wolverine yang begitu populer tak bisa dibendung, hingga Cyclops hanya mendapat cameo di X-Men 2 dan X-Men The Last Stand.

Dalam film X-Men Apocalypse, kumpulan mutant baru termasuk Azazel (Jason Flemyng), Havok (Lucas Till), Banshee (Caleb Landry Jones) dan Angel Salvadore (Zoe Kravitz) diperkenalkan. Cyclops dan Jean (Sophie Turner) masih mencari tahu bagaimana mereka menggunakan kekuatannya di film terakhir.