Lo pernah bertanya-tanya berapa banyak uang yang dihabiskan untuk membuat film blockbuster? Ternyata gede banget.

Lo butuh jutaan dolar untuk para aktor, kru, promosi, CGI, dan biaya pasca produksi. Sebagian besar film-film ini memiliki anggaran selangit yang bisa melebihi US$100 juta.

Tak heran, film superhero dan fantasi sering mendapat tempat dalam daftar film termahal yang pernah dibuat. Ini beberapa film yang disebut punya anggaran paling gede:

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (USD379 juta, 2011)


Foto : istimewa

Film keempat dari Pirates of the Caribbean mengikuti Captain Jack Sparrow yang berlayar dengan harapan menemukan lokasi legendaris fountain of youth. Dia bertemu dengan bajak laut yang cantik dan misterius dari masa lalunya, Angelica (Penélope Cruz).

Ini adalah salah satu film paling mahal yang pernah dibuat dalam sejarah. Biaya tersebut termasuk pembuatan film di empat lokasi geografis yang berbeda, kamera 3D kelas atas dan peralatan lain, termasuk biaya aktor dan pasca produksi.

2. Avengers: Endgame (USD350 million, 2019)


Foto : istimewa

Film Marvel ini memperlihatkan aksi Tony Stark yang epik. Ia menemukan dirinya terjebak di luar angkasa tanpa makanan atau air.

Puncak dari Infinity Saga itu tetap menjadi investasi Marvel Studios yang paling besar. Film itu juga mendapat gelar terlaris di dunia.

3. Justice League (USD 300 million, 2017)


Foto : istimewa

Film kelima dari DCEU itu mengikuti petualangan Bruce Wayne yang mencari bantuan sekutu barunya. Wonder Woman, Superman, Aquaman, Cyborg dan The Flash.

Mereka bergabung untuk menyelamatkan planet dari bencana. Justice League 2017 dirilis dengan ulasan buruk dan box office yang mengecewakan, meskipun anggarannya sangat besar.

4. Solo: A Star Wars Story (USD 275 million, 2018)


Foto : istimewa

Film ini mengikuti Han Solo yang terjun ke dalam pencurian besar-besaran dengan sekelompok penyelundup galaksi dan Chewbacca untuk mencari hyperfuel. Solo terlibat dalam kegiatan dunia bawah dan bertemu orang-orang yang mengubah hidupnya.

Karena produksinya yang tidak teratur dan pengambilan gambar yang mahal, film Star Wars kedua, Solo: A Star Wars Story adalah film Star Wars termahal yang pernah dibuat, meninggalkan The Force Awakens.

Baca Juga: Film Horor It Digarap Prekuel Serial