Kesuksesan Birdman sebagai pemilik piala Oscar paling banyak tahun ini harus dinodai oleh sebuah protes. Bukan karena ketahuan curang atau main belakang, tapi lantaran sebuah scene singkat yang isinya dianggap menghina warga Korea. Gara-gara makanan bernama Kimchi, negeri tetangga China itu harus sedikit badmood.

Diceritakan ada sebuah adegan ketika Michael Keaton meminta Emma Stone yang berperan sebagai anaknya untuk dibelikan sebuah bunga. Entah apa maksud sebenarnya, kekasih Andrew Garfield tersebut kemudian menyeletuk asal, “Semua bau bunganya seperti bau Kimchi (nggak enak),” ini nih bagian yang mengundang kontroversial.

Dilansir dari Korea Herald, para kritikus sepakat men-judge Birdman telah dengan sengaja meremehkan budaya Korea. Netizen pun ikut-ikutan dengan mengatakan film ini telah merusak culture asli Korea.

Mendapat berita yang nggak mengenakkan seperti ini, pihak Birdman pun buru-buru memberikan klarifikasi. Lewat Ega Pictures sebagai promotor, mereka membantah tuduhan itu. “Dialog tersebut hanya untuk menggambarkan karakter Emma Stone. Tidak ada niat untuk meremehkan negara tertentu atau budaya,” ungkap sang juru bicara.

Di balik pencapaian luar biasa emang sering banget hal kayak gini terjadi. Meskipun Birdman diserang dari berbagai sudut, pastinya nggak mengubah image pemenang yang udah terlanjur melekat. Birdman sendiri berhasil menyabet empat piala sekaligus, di antaranya Best Picture, Best Director, Best Original Screenplay dan Best Cinematography. Kira-kira film yang bakal tayang awal Maret di Korea ini bakal kena cekal nggak ya?