Enggak sedikit orang yang nanti film garapan Christopher Nolan nih. Film bernama Dunkirk ini menjadi karya terbaru dari Christopher Nolan yang muncul di bioskop pada 21 Juli 2017. Sebelumnya, Nolan juga pernah menggarap film seperti The Dark Knight, Inception, and Memento.

Film Dunkirk sendiri mengisahkan tentang momen Perang Dunia II yang mampu menghancurkan kehidupan banyak pemuda. Nama Dunkirk diambil dari sebuah kisah nyata yang bernama pertempuran Dunkirk di mana pertempuran antara Jerman dan Sekutu.

Nah sebelum lo nonton fimnya, lo harus tau dulu nih tentang fakta menarik di film Dunkirk ini.

 

Banyak bintang muda

Film Dunkirk menyajikan tampilan bintang-bintang muda seperti Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Aneurin Barnard, James D'Arcy, Barry Keoghan, Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance and Tom Hardy.

 

Film terpendek Christoper Nolan

Dunkirk menjadi film terpendek yang pernah digarap Christoper Nolan. Film ini hanya berdurasi 1 jam 40 menit. Dialog dalam film ini juga hanya sedikit yakni 112 halaman.

 

Mengisahkan tentara tapi bukan film perang

Film Dunkirk bukan film tentang perang. Jadi, Dunkirk merupakan penggambaran pemuda yang berjuang untuk bertahan hidup saat PD II. Christoper Nolan fokus pada aspek kelangsungan hidup dan evakuasi, bukan mengenai strategi perang, pertempuran, dan politik di balik kisah Dunkirk.

 

Karakter yang fiktif

Kejadian Dunkirk merupakan kisah nyata pada PD II. Tapi, di film Dunkirk menawarkan kisah para pemuda yang sebenarnya enggak ada alias fiktif.

 

Hanya memakai sedikit sentuhan CGI

Keren nih, sang sutradara mau memberikan tampilan yang senyata mungkin. Jadi, ia mengurangi nih penggunaan computer Generated Image(CGI). Solusinya, Nolan menggunakan hal-hal konvensional seperti pakai kapal perang sungguhan milik angkatan laut Prancis T-47 selama proses produksi film.

Selain itu, Nolan juga menggunakan potongan karton untuk membuat pemandangan kapal seolah ada lebih dari 300 kapal.