Penulis cerita film animasi 'Battle of Surabaya' mengatakan bahwa filmnya sudah dilirik production house internasional sekelas Walt Disney Pictures. Film animasi 2D produksi MSV Pictures ini dikemas dengan tema sejarah bangsa Indonesia.

'Battle of Surabaya' menceritakan petualangan Musa, remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dan TKR dalam pertempuran dahsyat 10 November 1945 Surabaya.

Selain surat rahasia Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya Yumna dan Danu, Musa mengalami petualangan hebat hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya.

'Battle of Surabaya' yang dijadwalkan rilis pada 20 Agustus mendatang menampilkan pengisi suara Dominic sebagai Musa, Maudy Ayunda sebagai Yumna dan Reza Rahadian sebagai Danu. Pengisi suara lainnya ada Jason Williams sebagai Capt. John Wright, Tanaka Hidetoshi sebagai Capt. Yoshimura, Patrick sebagai Mr. Ploegman, Alejandro Esteban sebagai A.W.S Mallaby, Nuriko Okuyama sebagai Kioko dan Vanhoebrouck Patrick Bernard sebagai P.J.G. Huijer.

Sutradara Aryanto Yuniawan mengatakan 'Battle of Surabaya' akan didukung dari segi teknis. Selain itu film ini juga diklaim mendapat bantuan distribusi film di seluruh jaringan Disney di dunia sebagai opsi kerjasama MSV Pictures dengan Disney.

"Jadi awalnya Disney ikut memberi masukan, memberi saran, dan kemudian mereka menawarkan tiga pilihan. Yang pertama, film ini akan dibeli putus oleh Disney, jadi film ini akan jadi punya Disney. Kemudian yang kedua, Disney siap mendistribusikan film ini atas nama mereka, jadi akan ada label Disney nantinya. Dan ketiga, Disney akan support dalam hal teknis untuk membuat film yang bagus, juga mereka akan memperluas jaringan untuk film Battle of Surabaya ke jaringan-jaringan Disney (atau partner-nya) di seluruh dunia," katanya. Namun pihak Disney belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai kerjasama tersebut.

Trailer film 'Battle of Surabaya' telah meraih beberapa penghargaan, diantaranya Most People's Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2013 dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

Bagi kamu yang penasaran dengan filmnya, tunggu di bioskop 20 Agustus mendatang!