Rata-rata justru bukanlah film horor. Tapi thriller psikologis yang memang mencekam. Bahkan mereka dijuluki film paling disturbing karena sukses bikin penonton ketakutan di bioskop karena merasa nggak nyaman dengan sajian dari cerita film Hollywood ini.

Well, langsung aja kita kasih ke kalian nih film-film apa aja yang dicap paling 'mengganggu' dengan rating oke karena keciamikan sang sutradara merajut ketidaknyamanan itu dengan nuansa suguhan berkelas.

1. Joker



Joker 2019 arahan Todd Phillips memang juara. Selain secara komersil meledak, film dengan rating R ini memang bikin penggemar superhero membuka mata lebar-lebar bagaimana transisi seorang villain lahir.

Joker Joaquin Phoenix sukses menghadirkan sosok sakit yang secara mental sungguh powerfull. Penonton bahkan menaruh empati ketika Arthur Fleck tertawa karena menderita Pathological Laughter. Kesuraman dan kegelapan film DC yang berdiri sendiri ini menghadirkan label film paling disturbing dengan rasa memuaskan di titik yang sama. Jangan lupain scoringnya yang juara itu, mencekam abis!

2. Midsommar



Ari Aster emang jagonya bikin film drama thriller yang bikin orang ketakutan di bangku teater. Sukses membawa Hereditary, Midsommar menjadi film panjang disturbing Ari Aster yang sukses menuai pembicaraan dunia.

Directing yang sempurna dari Ari bikin petualangan anak-anak muda ke desa di Swedia sungguh membekas di ingatan para penonton. Dengan versi tak banyak sensor di luar Indonesia, Midsommar yang menceritakan sekte aneh di festival superhoror itu konon bikin penonton mual karena adegan semi gorenya.

Dan ngomong-ngomong soal kultus, Ari Aster memang kini spesialis untuk urusan cerita kelompok aliran sesat yang memang konon eksis, nyata sekaligus ada banyak di AS.

3. Us



Satu lagi mahakarya di 2019 yang asyik untuk golongan ini. Jordan Peele membawa kita menyaksikan keluarga Lupita Nyong'o habis mendapat teror mencekam dari para kembarannya yang aneh.

Alih-alih membawa scene jumpscare, adegan sadis dan scoring nggak nyaman sekaligus menakutkan adalah senjata utama Peele di sini. Ini sama tekniknya ketika ia menghadirkan Get Out yang meraih Oscar sebelumnya.

So, buat lo bro, mana terfavorit?