Komite Festival Film Indonesia 2020 baru saja merilis daftar nominasi peraih Piala Citra 2020. Yang menarik, film karya sutradara Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam, memborong 17 nominasi.

Film yang dibintangi Tara Basro itu masuk nominasi di kategori bergengsi seperti Film Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Joko Anwar dan Skenario Asli Terbaik. Untuk kategori Film Terbaik, akan bersaing dengan The Science of Fictions, Humba Dreams, Imperfect, Mudik dan Susi Susanti: Love All.

Perempuan Tanah Jahanam cerita tentang perjalanan sepasang perempuan ke sebuah desa terpencil untuk mengecek warisan mereka. Tapi setelah sampai di sana, mereka harus menghadapi fakta bahwa mereka telah lama dicari untuk dibunuh.



Selain Perempuan Tanah Jahanam, beberapa film lain juga meraih lebih dari 10 nominasi.  Ada flm Susi Susanti: Love All dengan 13 nominasi, Imperfect 11 nominasi, serta The Science of Fictions dan Mudik dengan masing-masing 10 nominasi.

Nominasi Festival Film Indonesia 2020 dipilih berdasarkan puluhan film yang sudah tayang di bioskop maupun debut di layanan streaming. Seperti yang kita tahu, situasi pandemi menyebabkan banyak film tak bisa diputar di bioskop.

Pengumuman pemenang bakal dilakukan bulan depan. Juri Festival Film Indonesia 2020 punya waktu satu bulan seleksi sebelum acara penganugerahaan digelar akhir tahun.