Meski banyak film mata-mata di luar sana, ada satu sosok yang melekat sebagai mata-mata dan agen rahasia sekaligus seorang ikon di dunia perfilman. Sosok tersebut gak lain adalah James Bond. Selama lebih dari setengah abad franchise yang diadaptasi dari novel karya Ian Fleming ini emang mendominasi kategori film tentang mata-mata. Dalam setiap filmnya lo bisa melihat berbagai aksi seru dengan aktor dan aktris yang kharismatik.

Tapi tentu aja seperti yang gue bilang sebelumnya, bahwa film dengan tema mata-mata dan agen rahasia bukan cuma James Bond. Masih banyak film sejenis yang bisa lo tonton, Bro. Nah, makanya gue udah pilihin beberapa yang terbaik di antaranya.

Argo (2012)

Film satu ini punya jalan cerita yang menarik, Bro. Argo mengisahkan tentang seorang kru film (Ben Affleck) yang secara rahasia ditugaskan untuk ikut terlibat dalam pembebasan seorang sandera di Teheran, Iran. Argo sendiri sebenarnya adalah judul “film” yang digunakan para kru film dalam misi pembebasan tersebut. Lo bakal melihat Ben Affleck dengan tampilan yang gak biasa dalam film ini dengan rambut gondrongnya, Bro. Di film ini lo gak bakal menemukan gadget canggih layaknya film James Bond. Tapi lo juga bakal disuguhi aksi yang menegangkan.

The Bourne Identity (2002)

The Bourne Identity sendiri menceritakan tentang seorang mata-mata bernama Jason Bourne yang hilang ingatan setelah ditemukan mengambang di laut. Dalam film pertamanya ini, perjalanan Jason Bourne kembali mengumpulkan ingatan dan identitasnya dihadang beberapa orang dari aksi-aksi sebelumnya sebagai seorang agen rahasia. Awalnya banyak yang menyangka film ini bakal gagal sebelum dirilis. Namun, The Bourne Identity malah dipuji karena berhasil menawarkan sesuatu yang berbeda untuk penonton film bertemakan mata-mata. Sesuatu yang berbeda dari James Bond yang udah tayang sejak hampir 4 dekade sebelumnya.

Enemy Of The States (1998)

Akhir tahun 90an adalah era kebangkitan karir Will Smith sebagai seorang aktor. Sebelumnya aktor satu ini sukses dengan film Bad Boys dan Men in Black membuatnya jadi salah satu aktor termahal saat itu. Setahun setelah Men In Black, Will Smith pun terjun jadi seorang jaksa yang dituduh telah membunuh seorang politisi yang mengkritik National Security Agency (NSA). Will Smith pun harus beraksi demi membersihkan namanya sekaligus mencaritahu apa yang sebenarnya terjadi.

Bridge Of Spies (2015)

Bridge Of Spies bakal membawa lo ke era perang dingin yang sarat akan aksi mata-mata dan spionase. James B. Donovan yang diperankan oleh Tom Hanks jadi seorang pengacara yang mendampingi seorang mata-mata Uni Soviet. Di tengah usahanya membebaskan sang klien dari tuntutan hukuman mati, Uni Soviet menembak jatuh sebuah pesawat pengebom Amerika dan menahan pilot yang menerbangkannya. Lalu hal tersebut dijadikan kesempatan untuk mengajukan tawaran penukaran tahanan dengan melibatkan Donovan dan kliennya.

Masukin watch list lo, Bro! Soalnya film-film ini menyajikan sisi lain dari ketegangan sub genre  spy movies.