Aktor kawakan Harrison Ford mengalami kecelakaan di lokasi syuting film Star Wars: The Force Awakens pada 2014 lalu. Gara-gara insiden itu, produser film tersebut didenda Rp 26 miliar.
 
Foodles Production (U.K.) Ltd. yang diberikan mandat oleh Walt Disney untuk proses produksi, dinilai melanggar peraturan tentang keselamatan bekerja. Harrison Ford cedera setelah tertimpa pintu Millenium Falcon, pesawat yang dimiliki karakter Han Solo di trilogi Star Wars. 
 
Insiden itu terjadi di Pinewood Studios Buckinghamshire di London. Kasus ini telah diproses sampai ke meja hijau.
 
 
Hakim Francis Sheridan mengatakan kalau para produser lalai dalam memberikan peringatan tentang faktor keselamatan. Menurutnya, hal itu sangat krusial.
 
“Kesalahan paling utama dari perusahaan adalah kurangnya komunikasi. Jika Anda punya risk assessment dan Anda tidak mengkomunikasikannya, apa gunanya memiliki peraturan itu. Itu adalah pelanggaran yang paling serius di sinim” kata sang Hakim, saat persidangan pada 12 Oktober kemarin.
 
“Jika mereka melibatkan Mr. Ford dalam diskusi, paling tidak dia sudah diperingatkan tentang bahaya yang dia bisa hindari,” lanjutnya.