Jika ada aktor Jepang paling merajai film-film Hollywood, maka Hiroyuki Sanada-lah orangnya. Mau bukti?

Aktor yang kerap memelihara rambut gondrongnya ini sudah pernah jadi apa aja. Dari samurai, astronout sampai pendekar.

Sekarang Sanada terlibat dalam film garapan PH James Wan, Mortal Kombat reboot. Ia berperan sebagai Scorpion, ninja 'neraka' rival sejati Sub Zero yang diperankan Joe Taslim.

Nah riwayat Hiroyuki ini cukup mentereng jauh sebelum menjejaki peran Mortal Kombat.



Mungkin yang memorable dan agak lawas adalah film epik Tom Cruise, The Last Samurai. Di film itu, Sanada memerankan Ujio, seorang samurai yang menentang kekaisaran modern dan ujungnya melatih Tom Cruise menjadi samurai hebat.

Sanada kala itu sudah menarik perhatian di 2003 di mana filmnya rilis. Sebelumnya ia sudah terlibat dalam puluha film Jepang dan barat meski tidak sebesar pasar The Last Samurai.

Beberapa tahun kemudian, ia mencuri perhatian lagi dengan bermain bareng Jackie Chan dan Chris Tucker di Rush Hour 3 sebagai Kenji.



Tapi paling menyita perhatian lagi Sanada terlibat dalam film Marvel yang saat itu masih dipayungi Fox, The Wolverine. Peran antagonis ataupun protagonis, apik ia mainkan.

Marvel rupanya memang jodoh Sanada. Hiroyuki Sanada kemudian juga tampil singkat di Avengers: Endgame kala menceritakan sekilas Clint Barton aka Hawkeye yang berubah menjadi Ronin.

Barton membantai kelompok yakuza yang di dalamnya ada Sanada di film pamungkas Marvel tersebut.

Belum kelar, Sanada juga kembali memerankan seorang samurai di 47 Ronin bareng Keanu Reeves. Bahkan saking sayangnya Hollywood sama dia, ia juga pernah terlibat jadi dubber di film Mininos.



Dan ia juga pernah memainkan peran astronout melawan alien bareng Jack Gyllenhaal dan Ryan Reynolds di Life.

Nggak terhitung banyak peran dirinya di Hollywood. Saking banyaknya, Sanada kini adalah si Jepang yang jadi raja di Hollywood karena rekor karakter dia bermain di film pasar arus utama di sana.

Kini kita nggak sabar kan sama perannya sebagai Scorpion di Mortal Kombat?