Matthew McConaughey dikenal sebagai salah satu aktor paling top Hollywood saat ini. Tapi, sama seperti cerita banyak orang hebat lainnya, butuh banyak pengorbanan untuk berada di titik puncak.

Aktor berdarah Texas yang kini berusia 50 tahun itu dulu sering memerankan karakter tipikal di film komedi romantis. Mulai dari The Wedding Planner hingga How to Lose a Guy in 10 Days.

Matthew bersyukur dengan peran-peran tersebut, tetapi dia perlu membangun reputasinya sebagai aktor untuk mencoba tantangan baru. Dia pun menentukan sikap untuk menolak peran-peran komedi romantis supaya bisa eksplorasi karakter lain.

“Film komedi romantis cukup konsisten di box office,” katanya.



Harga yang dibayar Matthew cukup mahal. Dia terpaksa menolak tawaran peran hingga US$ 14,5 juta. Tetapi Matthew sadar akan pilihan yang dia buat sejak awal.

“Aku menolak tawarannya. Kalau saya tidak bisa melakukan apa yang saya mau, saya tak akan melakukan sesuatu yang saya tidak mau, tak peduli berapa pun harga yang harus dibayar,” katanya.

Setelah jadi pengangguran beberapa lama, akhirnya Matthew mulai dapat kepercayaan produser. Mud, Interstellar dan Dallas Buyers Club adalah beberapa film yang membuatnya menang Piala Oscar.