Dr Strange adalah salah satu superhero yang berhasil nyelametin dunia dari keganasan Thanos pada Avengers: End Game. Kali ini, setelah Thanos udah takluk dan setelah Dr. Strange beresin kekacauan yang disebabkan sama Peter Parker dalam Spider-Man No Way Home, dia beraksi lagi dalam film terbaru: Doctor Stranger in the Multiverse of Madness. Dalam film ini, Dr. Strange menghadapi musuh besar yang pengin menguasai kekuatan seorang gadis bernama America Chavez, yang punya kekuatan bisa berpindah-pindah ke dunia paralel.

Di antara superhero Marvel lainnya, Dr. Strange emang punya kekuatan yang unik karena berupa sihir. Kekuatannya itu berasal dari Eye of Agamotto yang berisi Time Stone yang bikin dia bisa ngelakuin beberapa trik sihir. Sebenarnya, apa sih kekuatan Dr. Strange yang membuatnya worth it dibilang superhero? Ini beberapa kekuatan keren Dr Strange yang nggak kalah dari superhero MCU lainnya.

1. Bisa Melakukan Proyeksi Astral
Pengalaman pertama Strange melakukan proyeksi astral adalah ketika Ancient One mengeluarkan wujud astral Strange keluar dari tubuh fisiknya dalam adegan “Open Your Eye”. Strange juga pernah melakukan proyeksi astral untuk menyelamatkan dirinya sendiri setelah terluka parah dan meminta bantuan Christine untuk mengobati lukanya. Dia menunjukkan bentuk astralnya kepada Christine dan menunjukkannya cara mengobati luka di tubuhnya.

Selain bisa melakukan proyeksi astral, Dr. Strange juga bisa mengeluarkan bentuk astral orang lain, kayak yang dilakukan Ancient One. Dalam Spider-Man No Way Home, waktu lagi berebut mantra sama Spider-Man, dia keluarin jurus itu yang bikin bentuk astral Peter Parker sempet keluar dari tubuh fisiknya.

2. Traveling via Portal

Source: imdb
 

Portal ini sejenis “alat transportasi” multidimensi yang bisa dibuka ke mana aja. Mirip-mirip kayak pintu kemana sajanya Doraemon. Di film pertama, Stephen Strange belajar membuka portal di Kamar-Taj. Waktu itu, dia nggak berhasil membuka portal dan menyalahkan tangannya yang lagi sakit. Saat itu, Ancient One memanggil Master Hamir yang bertangan satu dan dia bisa membuka portal dengan sempurna.

Akhirnya, Ancient One mengirim Strange ke puncak Gunung Everest dan membuatnya ada di posisi hidup-mati jadi dia terpaksa kerahkan segala kemampuan untuk bisa buka portal dan meloloskan diri dari kematian. Strange juga pernah menggunakan portal untuk menjebak Loki di film Thor: Ragnarok. Di film keduanya ini, dia juga beberapa kali membuka portal saat lagi melawan musuh.

3. Punya Tameng dari Mantra (Shield Spell)
Dr. Strange nggak perlu bawa-bawa tameng kayak Captain MArvel atau Captain America. Dia cukup keluarin mantra dan dia pun punya tameng yang jauh lebih sakti dari tameng fisik. Tameng ini terbentuk dari perpaduan ilmu sihir dan energi untuk nahan serangan musuh.

4. Traveling Antar Dimensi

Source: Youtube

Baca Juga: Fakta Trailer Doctor Strange 2



Ancient One pernah bukain sebuah dimensi namanya dimensi kaca. Di sana, Strange bisa latihan mantra tanpa ganggu dunia fisik. Belakangan, dia pakai dimensi kaca ini untuk menjebak beberapa musuh. Nggak semua superhero bisa mengakses dimensi ini dan ini yang bikin Dr. Strange salah satu superhero unik dengan kekuatan yang nggak biasa dan terkesan mistis banget!

5. Bisa Melihat Masa Depan
Bisa dibilang, berkat Strange, Thanos bisa dikalahkan. Strange punya kemampuan buat ngeliat masa depan, walaupun itu baru sebuah kemungkinan, kayak di film Avengers: End Game. Di film itu, Strange diam-diam memprediksikan pertempuran mereka. Menurut Strange, ada lebih dari 14 juta kemungkinan masa depan dan salah satunya adalah kemenangan mereka.

Itu yang menjadi latar belakang Strange mau menyerahkan time stone kepada Thanos karena dia tahu Avengers akan berhasil merebut kembali infinity stone dan mengalahkan Thanos.

6. Bisa Memanipulasi Waktu
Inget adegan di film pertama ketika Dr Strange memanipulasi waktu dan me-rewind peristiwa di jalanan Hong Kong saat diserang oleh Kaecilius? Adegan itu nunjukin seberapa kerennya kekuatan Strange. Usut punya usut, ternyata kekuatan itu berasal dari The Eye of Agamotto yang bikin Stephen Strange bisa mengakali waktu kapanpun dia mau!

Gimana, Gengs, punya ilmu sihir ternyata keren juga, ya!