Dengan kemajuan teknologi di dunia perfilman, teknologi CGI makin banyak digunakan dalam sebuah film. Penggunaan CGI yang tepat emang bakal menguntungkan buat sebuah film karena dapat membantu mewujudkan adegan-adegan yang gak mungkin atau sulit banget buat cuma dilakukan dengan practical effect.

Lo mungkin tau sutradara seperti Michael Bay yang gemar menggunakan CGI untuk banyak adegan di film-film arahannya. Atau film superhero yang butuh penggunaan CGI yang intensif untuk menghasilkan adegan pertarungan yang keren dan realistis. Seperti halnya adegan meledakkan gedung, rumah, atau kendaraan apapun. Banyak yang lebih memilih menggunakan CGI dibandingkan practical effect supaya lebih aman.

Bicara soal CGI dan practical effect, belum lama ini adegan pesawat meledak di trailer Tenet banyak dibicarakan orang lain. Soalnya, Christopher Nolan meledakkan sebuah pesawat Boeing 747 sungguhan untuk adegan tersebut.



Christopher Nolan adalah tipe sutradara yang berusaha menggunakan CGI seminim mungkin. Lo mungkin masih ingat adegan perkelahian di sebuah lorong dalam film Inception. Adegan perkelahian di lorong yang berputar-putar tersebut ternyata bukan sebuah CGI, Bro. Christopher Nolan memimpin langsung pembuatan alat khusus untuk adegan tersebut.

Sama halnya dengan Tenet, dirinya memilih untuk membeli sebuah Boeing 747 sungguhan demi adegan tersebut. Alasannya, menurutnya hal tersebut lebih efisien dan jauh lebih mudah daripada menggunakan CGI.

“Ada rencana untuk menggunakan miniatur pesawat, bangunan, dan lingkungan sekitarnya dan digabungkan dengan sentuhan visual effects. Namun setelah menghitungnya, ternyata kelihatannya membeli sebuah pesawat dengan ukuran asli dan meledakkannya lebih efisien daripada membangun set miniatur dan menggunakan CG,” ujar Christopher Nolan kepada Total Films.

Dirinya menambahkan bahwa merasa pembelian pesawat ukuran asli tersebut seperti seorang yang sedang belanja secara impulsif. Tapi dirinya ngaku bahwa puas dengan adegan yang dihasilkan dari ledakan tersebut.

Hmm, jadi makin gak sabar nih Bro buat liat langsung Tenet di layar lebar. Semoga pada saat tanggal tayangnya, keadaan krisis pandemi ini udah membaik dan lo semua bisa menyaksikannya langsung di bioskop. Tapi, untuk sekarang lebih baik lo semua #DiRumahAja supaya lo dan orang-orang di sekitar lo lebih aman.