Ketangkasan dan kecakapan Iko Uwais dalam bela diri emang harus diakui. Untuk bisa seperti itu tentu saja butuh latian dan nggak instan. Hingga saat ini, suami Audy Item ini mengaku masih mempelajari disiplin dari banyak jenis bela diri meskipun sedang nggak ada syuting.

Iko mengakui jika ia masih rutin melakukan latihan setiap hari agar menjaga gerakan bela dirinya tetap luwes. Ia sangat mengerti jika dalam film tentunya banyak gerakan khusus yang harus ditampilkan, dan hal tersebut sepertinya mustahil tanpa melakukan latihan rutin.

Agar semakin jago, Iko mengaku jika ia banyak belajar dari rekan sesama aktor lainnya misalnya Joe Taslim, Victor Taslim dan Max Matino. Dari mereka Iko melatih cara lebih jago untuk gerakan maping, mengunci dan membuka kuncian.

Ditanya mengenai manfaat dari bela diri, Iko menjawab untuk menambah percaya diri. Selain itu dengan kemampuan bela diri seseorang bisa lebih mengontrol emosi dan punya ketenangan diri ketika terjadi hal-hal di luar dugaan.

Saking tertariknya dengan seni bela diri, Iko pernah belajar Tai Chi dan Wing Chun. Pemeran sersan Rama dalam The Raid ini emang pengen tahu dasar-dasar dari semua jenis bela diri, dan satu hal yang telah dipahaminya. Ia berkeyakinan jika semua dasar dari bela diri adalah sama apapun nama dan ciri khas gerakannya.