Kehilangan seorang Alex Komang jadi pukulan telak bagi dunia perfilman Indonesia. Pasalnya, nggak bakal ada lagi akting-akting super keren serta masukan membangun lagi dari aktor berbakat itu. Kehilangan salah satu pilar terbaik, para sineas pun down termasuk pula Abimana Aryasatya. Apalagi sebelum pergi untuk selamanya, Alex sempat berpesan sesuatu kepada pemain Haji Backpacker itu.

“Titip pesen 1 hal, dia bilang ‘Bi tolong Rumah Aktor Indonesia (RAI) dijalankan. Bukan sekedar nama doang. Bantu Lukman Sardi sebagai ketua untuk menjalani’, janji gue ya RAI pasti stand out. Mulai hari ini. Bukan cuma ada PARFI tapi juga RAI,” ungkap Abimana.

Kepedulian Alex terhadap dunia perfilman Indonesia emang nggak bisa dipandang sebelah mata. Hampir seluruh sisa hidup sang aktor dihabiskan untuk kemajuan film lokal termasuk ketika ia menjadi ketua Badan Perfilman Indonesia.

RAI yang menjadi pesan Alex Komang kepada Abimana juga dirawat baik-baik oleh almarhum semasa hidup. Organisasi tersebut menjadi semacam wadah bagi para pemain film untuk saling curhat dan bekeluh kesah. Buat kamu yang belum tahu, meskipun terkesan glamour dan bergelimang kemewahan, para aktor dan aktris Indonesia nggak memiliki aturan khusus sehingga mereka minim proteksi. That’s why, RAI dibikin.

Well, nggak ada hal lain yang bisa dilakukan selain melaksanakan pesan terakhir sang aktor. Khususnya Abimana yang bakal selalu mengingat kata-kata pria mature yang sangat kebapakan ini. Semoga Alex Komang mendapat tempat yang terbaik di sisi-Nya.