Ketika Kamar-Taj, headquarter para master of the mystic arts, diserang oleh musuh, seluruh penyihir bersiaga pertaruhin nyawa mereka demi nyelamatin dunia. Di antara ratusan orang yang memerankan penyihir itu, ada satu penyihir yang diberi tugas oleh Ancient One untuk menjaga America Chavez, gadis yang punya kemampuan jalan-jalan ke multiverse, sementara Dr. Strange dan Wong menghadapi gempuran Scarlett Witch. Walau di film ini karakter tersebut nggak berdialog sama sekali, perannya di Kamar Taj dianggap penting oleh Ancient One sehingga dialah yang dipercaya untuk menjaga America Chavez. Karakter itu adalah Master Hamir, penyihir senior bertangan satu.

Master Hamir sebenarnya udah pernah diperkenalkan sebelumnya di film Doctor Strange pertama. Kalau lo nonton film pertama, lo mungkin masih ingat adegan saat Stephen Strange berlatih sihir dan ngeluh kalau tangannya yang sakit bikin dia nggak bisa menciptakan sihir. Lalu, Ancient One memanggil Master Hamir dan meminta dia buat menunjukkan sihir miliknya.

Bukan tanpa alasan Ancient One menjadikan Master Hamir sebagai contoh buat Strange. Dia dipilih karena memiliki keistimewaan: bertangan satu tapi nguasain sihir yang hebat. Bahkan, di film itu, Stephen Strange sempat mengira Hamir adalah Ancient One karena penampilannya yang kharismatik.

Source: Dok Marvel Studios

Di versi komik, karakter Master Hamir ini digambarkan sebagai laki-laki paruh baya yang berkebangsaan Nepal. Tapi, di versi film, ternyata Master Hamir nggak diperanin sama orang Nepal, tapi sama orang berdarah Indonesia! Belakangan diketahui kalau pemeran Master Hamir adalah Raden Topo Wresniwiro, laki-laki berusia 72 tahun berdarah Jawa. Raden pindah dari Semarang ke Inggris sejak usia sekolah dan memutuskan untuk menetap di sana dan menjadi warga negara Inggris. Dia menempuh pendidikan sampai dapet gelar S3, lalu menekuni karir di dunia pendidikan.

Kenyataannya, profesi yang nggak ada kaitannya sama dunia seni itu nggak menjadi halangan untuk Raden Topo melebarkan sayap kariernya ke bidang lain. Dia memulai karir akting pertama kali di film Mystery of Edwin Drood (2012). Setelah itu, dia rutin dapetin peran-peran kecil di film-film besar kayak Maleficent: Mistress of Evil,  47 Ronin, bahkan Star Wars! Yang membanggakan, dia sering banget kedapatan satu frame sama pemain-pemain besar di tiap film itu! Duh, bikin iri banget, Gengs!

Setelah diselidiki lebih dalam lagi, kayaknya skill karatenya yang bikin Raden Topo bisa terjun ke dunia perfilman Hollywood, memerankan beberapa karakter setipe. Selama ini, dia emang selalu dapetin peran yang berhubungan sama skill karatenya. Perawakannya yang ramping dan berambut panjang membuatnya sempet dikira Yayan Ruhian, yang juga punya karir gemilang di perfilman Hollywood karena bakatnya dalam ilmu bela diri.

Ada hal menarik dari kemunculan Raden Topo di film-film Hollywood ini. Sejak dia mulai wara-wiri di layar lebar Hollywood, pemberitaan tentangnya nggak pernah ramai bahkan nyaris nggak kedengeran. Sosoknya juga selalu keliatan humble dan apa adanya walau dia bisa dibilang udah punya prestasi yang membanggakan baik di bidang akademis maupun akting.

Kalau lo cari tahu tentang Raden Topo di Google, nggak banyak info yang bisa lo dapetin tentang dia yang sangat mungkin dia sengaja untuk menghindari gemerlapnya dunia hiburan dan paparazi ala netizen Indonesia. Kesederhanaan Raden Topo ini patut diacungi jempol dan bisa dijadiin inspirasi, loh, Gengs!

Nah, kalau lo nanti nonton film Doctor Strange 2, jangan lupa untuk tungguin kemunculan Raden Topo di film ini, ya. Pay attention to details karena durasi kemunculannya cukup singkat, tapi tentu aja bermakna banget!

Baca Juga: Deretan Rumor Doctor Strange 2 yang Terbantahkan