Netizen memang kreatif. Sebuah video Meme menjadi viral karena menampilkan wacana bagaimana jika Star Wars dibuat oleh orang China.

Tentu saja adegan yang diperlihatkan fokus pada pertarungan dua karakter dengan memakai lightsaber. Adegan itu adalah modifikasi dari film Michelle Yeoh yang berjudul Crouching Tiger, Hidden Dragon.

Nama karakter Michelle sedang bertarung dengan menggunakan pedang. Nah, sama si pembuat video, pedangnya dilapisi sinar seperti lightsaber, plus efek suara.

Secara koreografi pertarungan, tentu saja adegan itu lebih baik dari pertarungan lightsaber karakter Star Wars aslinya. China memang dikenal dengan bela diri yang memukau. Apabila itu dikolaborasikan dengan keunggulan Hollywood di teknologi, tentunya akan menghasilkan tontonan yang luar biasa.

Belakangan, Lucasfilm mulai terbuka soal kolaborasi. Di film Star Wars: The Force Awakens, ditampilkan tiga bintang martial art asal Indonesia dalam adegan singkat bersama Han Solo. Mereka adalah Iko Uwais, Yayan Ruhiyan dan Cecep A. Rahman.

Untuk film Star Wars: Rogue One, Lucasfilm juga memberikan kesempatan kepada aktor Asia. Adalah Donny Yen yang akan mengisi salah satu karakter dalam kelompok Rebels bersama Felicity Jones. Donny Yen adalah aktor yang memerankan guru Bruce Lee, IP Man yang terkenal dengan ilmu Wing Chun-nya.