Sutradara Todd Phillips bikin terkejut dunia comic book movies dan banyak pihak setelah berhasil bawain film Joker dengan dengan cerita yang sangat dark. Film ini emang seharusnya sebuah film standalone yang gak bakal crossover dengan film lain atau bahkan punya sekuel.

Meski begitu, banyak spekulasi beredar karena belum lama ini, Joaquin Phoenix berkata bahwa dirinya terbuka jika film ini dibuatkan sekuel. Pernyataan Joaquin Phoenix ini dinilai bisa aja digunakan dan menjadi kesempatan buat mengembangkan perfilman DC ke depannya.

Dengan kata lain, ‘Joker’ ini bisa dijadikan pondasi buat film-film DC baru ke depannya. Soalnya, banyak elemen yang ditanamkan di film ini bakal bisa bercabang jika dikembangkan dengan baik oleh penulis naskah.

Film ini disebut-sebut menanamkan pondasi “pembusukan” kota Gotham dengan sangat baik. Di akhir film (spoiler!), Joker terlihat berdiri di tengah kekacauan kota. Joker menari di tengah-tengah warga kota Gotham yang rusuh karena kecewa dengan pemerintahan yang ada. Ini jadi pondasi yang bagus untuk membangun kekacauan seperti kriminalitas dan kejahatan-kejahatan yang lain sampai hadirnya Robert Pattinson sebagai Batman nanti.

Ketika Batman versi Robert Pattinson ini mulai turun ke jalanan nanti, suasananya dianggap udah sempurna mengingat kejahatan dan kekacauan yang ada adalah hasil akumulasi dari semua kejadian yang diceritakan di film ‘Joker’ ini, Bro.

Cerita latar belakang Batman juga udah muncul sekilas di film ini, Bro. Di sebuah adegan di tengah kekacauan, Thomas Wayne yang saat itu mencalonkan diri jadi walikota memilih untuk melewati sebuah gang bersama Martha dan Bruce Wayne. Sial, salah satu perusuh ada yang mengikuti mereka masuk ke gang tersebut, dan Thomas serta Martha Wayne tewas di tempat.

Potensi tersebut juga berkembang setelah sebelumnya ramai sebuah teori yang menyebutkan bahwa Arthur Fleck bukan Joker sebenarnya.

Menurut lo gimana, Bro? Apakah Joker bisa jadi pondasi buat semesta DC yang baru? Menarik untuk ditunggu nih Bro, mengingat banyak juga fans yang pengen ‘Joker’ dibuatkan sekuel.