Iron Man adalah superhero yang blak-blakan soal identitas aslinya sebagai Tony Stark kepada dunia. Dan Superman dari DC dikabarkan siap meniru langkah Tony Stark soal jati diri sebenarnya kepada dunia dan pers.

Cerita ini ada di komik terbaru DC Comics sebagaimana dilansir situs film, Screen Rant. Clark Kent yang seorang jurnalis disebutkan akan mengumumkan identitas sesungguhnya sebagai Superman kepada dunia di Superman #18 yang terbit di pertegahan Desember mendatang.

Selama ini Superman lihai dalam menyembunyikan identitasnya ke publik. Seperti Spider-Man di Marvel, salah satu pentolan DC ini kerja sebagai jurnalis di Daily Planet.

Hari-hari ia menutup diri disebutkan sudah menemui ujungnya. Clark Kent menyebut sudah waktunya dunia tahu bahwa ia adalah Superman yang konon semakin membuat gaduh media karena kontroversi kehadirannya.



Dalam Man of Steel karya Zack Snyder, identitas ini sudah diketahui sang kekasih, Louis Lane. Superman juga digambarkan punya sisi manusiawi dan batin yang kerap bergejolak.

Apalagi dalam Batman V Superman, batin Clark semakin terombang-ambing ketika pemerintah menuntut ia bertanggung jawab atas kerusakan kota dan beberapa korban yang berjatuhan akibat pertarungan besarnya melawan Zod.

Akhirnya Superman diadili di tingkat pengadilan. Tapi kehadirannya di depan majelis hakim justru menjadi perkara baru karena rencana jahat Lex Luthor justru berhasil membuat para manusia di dalam pengadilan tewas.

Batman lewat caranya juga menuntut sang Manusia Baja untuk bertanggung jawab pula. Ini juga bagian dari keberhasilan adu doma Luthor.

Referensi besar ini mengilhami komiknya. Clark disebut mengungkapkan jati diri sebagai Kal El alias Superman agar dunia tak lagi bergunjing dari mana asalnya, bagaimana niat dia sesungguhnya dan motivasi ia melindungi manusia meski terkadang peperangannya atas musuh-musuh itu memang memakan korban lain.

Nah bro, bisa aja nih, ketika DC dan Warner Bros lagi merombak semestanya dengan banyaknya pemeran baru dan cerita fresh, mungkin saja lho referensi komik di mana Superman membuka identitas jadi ide cerita si Manusia Baja yang baru.

Sejauh ini Henry Cavill dipercaya belum benar-benar berhenti dari perannya. Tak pernah ada konfirmasi resmi apakah Cavill benar-benar mundur.

Ini berbeda dengan Batman yang tadinya diperankan Ben Affleck. Warner Bros secara jelas mengonfirmasi bahwa Ben memang sudah menanggalkan jubahnya untuk film solo The Batman. Posisinya digantikan Robert Pattinson untuk film Bruce Wayne yang memang akan dipersonakan lebih muda.

The Batman baru akan hadir di 2021. Film ini diarahkan sutradara Matt Revees.