Dalam proses pembuatan film, salah satu bagian yang paling penting dan juga nggak mudah adalah pemilihan judul. Pasalnya, title adalah hal yang pertama dilihat penonton baru kemudian isinya. Jadi, agar representatif dan match dengan kontennya. Sebuah judul harus dipikirkan dengan baik. Hal yang sama juga dialami oleh para kru film Pendekar Tongkat Emas. Mira Lesmana selaku produser mengaku dibuat pusing dengan hal tersebut. Maka kemudian ia pun menuliskan sebuah buku Behind The Scene yang udah dirilis di Gramedia.

Alih-alih memakai golok atau pedang, Mira Lesmana malah menggunakan tongkat. Menurut pemahamannya, jarang ada pendekar yang berkelahi tanpa menggunakan senjata. Kemudian dari sekian banyak peralatan, ia menyatakan lebih menyukai tongkat.

“Menurut saya senjata tongkat itu unik,” ungkap Mira. Lalu, pemilihan judul Tongkat Emas kemudian  mendapatkan tanggapan yang baik dari sang sutradara. “Bunyinya enak, gerakannya juga menarik,” ungkapnya seperti yang tertulis dalam buku.

Nggak hanya enak didengar aja, Tongkat Emas sendiri punya filosofi yang cukup dalam. Mira mengungkapkan jika senjata ini melambangkan perwujudan dari kekuasaan dan memiliki sifat yang misterius. Di filmnya sendiri, setiap pemain bakal memiliki pandangan sendiri mengenai hal tersebut.

“Mulanya tidak ada yang benar-benar tahu mengenai kemampuan Tongkat Emas. Ternyata, di balik fungsinya sebagai senjata, Tongkat Emas menyimpan filosofi,” pungkas Mira.

Film ini sendiri udah mulai diputar serentak hari ini lho. Yuk, buktikan sehebat dan sedalam apa sih makna yang terkandung dalam Tongkat Emas.