Theon Greyjoy yang berhasil lari dari kekejaman Ramsay Bolton, berhasil kembali ke Iron Islands. Setelah kematian ayahnya, perebutan kekuasaan pun terjadi antara kakaknya, Yara Greyjoy dan paman mereka Euron Greyjoy.

Euron Greyjoy berhasil mempengaruhi para penduduknya untuk menjadikannya pemimpin setelah sebelumnya membunuh Balon Greyjoy. Ia meledek pewaris Balon Greyjoy lain; Theon yang tak punya kelamin dan Yara, seorang wanita.

Dengan liciknya, Euron mengeksploitasi kekekurangan pewaris tahta, dan berapi-api meyakinkan para rakyatnya untuk meraih kemenangan dan memimpin dunia. Caranya mereka bersedia mengabdi pada Daenerys Targaryen sang Mother of Dragon.

Setelah lepas dari kelompok Dothraki, dan menguasai klan tersebut, Daenerys mendapat kabar buruk dari Jorah Mormont. Dia akhirnya mengaku soal penyakitnya yang bisa membuat dia menjadi ‘manusia batu.’ Jorah juga mengungkapkan perasaan cintanya pada Daenerys.

Game of Thrones musim ke-5 juga memberikan akhir cerita yang cukup sedih mengenai karakter Hodor, juga Three-Eyed Raven. Pengorbanan harus dilakukan demi menyelamatkan Bran Stark yang dikejar White Walkers.