Indonesia memiliki tokoh hantu yang melegenda seperti kuntilanak, genderuwo, hingga tuyul dan palasik. Nah, HBO Asia menggandeng sutradara Joko Anwar untuk membuat serial 8 episode yang menampilkan karakter-karakter tersebut dengan sentuhan modern.

Makhluk-makhluk yang dikenal bernama Demit itu tak lagi berbentuk hantu menyeramkan yang sering kita lihat di film horor nasional. Kuntilanak, genderuwo, hingga tuyul dan palasik memiliki wujud fisik seperti manusia dan mempunyai emosi. 

Yang menarik, mereka juga punya senjata andalan dan simbol yang membedakan satu sama lain. Dunia para demit itu hidup berdampingan selama beratus-ratus tahun dengan manusia.

"Kita ambil mitologi yang sudah sejak lama kita kenal, lalu kita buat make sense. Misalnya Kuntilanak yang digambarkan punya paku yang ditancapkan di kepala. Di sini kita gambarkan dengan bentuk yang serupa tapi itu buat aksesori rambut," kata Joko Anwar.

Episode perdana 'Halfworlds' akan tayang 29 November mendatang di HBO Asia pukul 21.00 WIB. Serial ini menampilkan Salvita Decorte (Sarah), Aimee Saras (Pinung), Ario Bayu (Juragan), Arifin Putra (Barata), Reza Rahadian (Genderuwo bernama Tonny) dan istrinya Tara Basro (Kuntilanak bernama Ros). 

Hadir juga Adinia Wirasti (Palasik bernama Nadia), Hannah Al-Rashid (Palasik bernama Marni), Alex Abbad (Demit bernama Gorga), Verdy Solaiman (Demit bernama Hassan) dan Conelio Sunny (Demit bernama Bandi).