Lightsaber, senjata paling ikonik dalam sejarah perfilman dunia ini pertama diperkenalkan oleh franchise Star Wars. Sejak saat itu mulai banyak yang menggunakan senjata dengan konsep serupa seperti Lightsaber, tapi gak bisa dipungkiri gak bakal ada yang sekeren pedang andalan para Jedi dan Sith.

Secara sederhana, lightsaber sendiri adalah sebuah pedang dengan bilah yang terbuat dari cahaya atau laser super panas. Cahaya yang muncul pada pedang ini dapat memotong benda sekeras apapun yang dilaluinya. Ini juga mungkin yang jadi salah satu alasan kenapa lightsaber begitu populer buat para penggemar film.

Sepertinya membayangkan ada benda seperti lightsaber di dunia ini adalah sesuatu yang tidak mungkin. Teknologi manusia dianggap belum mampu menciptakan benda seperti itu. Tapi Bro, seorang YouTuber asal Kanada berhasil mengembangkan sebuah lightsaber yang sangat mirip dengan yang ada di dalam film!


Gimana cara pria bernama James Hobson ini dapat mewujudkan teknologi super canggih tersebut?

Sebelumnya, Hobson udah berkali-kali melakukan percobaan untuk membuat lightsaber. Semuanya berhasil ia buat namun tidak ada yang benar-benar efektif ketika digunakan. Berbagai logam Hobson gunakan untuk meniru aliran panas yang terbentuk sepanjang bilah pedang lightsaber.

Namun sekarang dirinya berhasil membuat ‘lightsaber’ yang benar-benar mirip dengan apa yang ada di dalam film. Tidak ada benda padat yang jadi penghantar panas manual di bagian atasnya.

Kali ini, Hobson mengalirkan plasma dengan suhu mencapai ribuan derajat celcius. Suhu sepanas itu pasti membuat dirinya dengan mudah dapat memotong benda apapun.

Bahkan gak cuma berhasil membuat lightsaber yang berfungsi, dirinya juga bisa membuat benda tersebut dengan berbagai macam warna yang menyala mirip seperti dengan ada yang dalam film.



Mungkin penampilan dan mekanisme lightsaber buatan Hobson ini belum benar-benar sama seperti yang ditunjukkan oleh Star Wars. Soalnya, YouTuber ini masih harus membawa alat bantu di belakang tubuhnya sebagai sumber daya untuk membuat lightsaber tersebut menyala.

Sepertinya kita emang semakin dekat dengan masa depan yang ada di dalam film-film Hollywood, Bro. Bukan gak mungkin, di masa depan bakal ada yang mengembangkan penemuan sang YouTuber dan menjadikannya sebuah lightsaber sungguhan.