Sejak pertama kali rilis pada 1977 silam, film 'Star Wars' terus mengalami perkembangan dari segi cerita maupun karakter. Saat ini Lucasfilm tengah membidik sutradara wanita untuk proyek film mendatang.

Disney dan Lucasfilm sudah memiliki perencanaan panjang untuk meneruskan warisan George Lucas dalam mengembangkan cerita perang di galaksi. Mereka sudah memilih sutradara dan penulis cerita hingga 'Star Wars: Episode IX'.

Untuk menambah keseimbangan dan keragaman dalam cerita dan sudut pandang, Lucasfilm dikabarkan sudah mulai mencari sutradara wanita. Kabarnya ada dua sutradara potensial dan dua penulis yang sudah didekati.

Mereka adalah Sarah Gavron ("Suffragette") dan S.J. Clarkson ("Marvel's Jessica Jones"), penulis Linda Woolverton ("Maleficent") serta Marti Noxon ("Buffy the Vampire Slayer").

Kabar itu diperkuat dengan pernyataan Presiden Lucasfilm, Kathleen Kennedy yang menyatakan ketertarikannya merekrut sutradara wanita. Menurutnya, sudah banyak wanita yang terlibat (termasuk dirinya) di belakang layar dan tim pengembangan cerita di Lucasfilm.



"Itu akan terjadi. Kami akan merekrut wanita yang bakal menyutradarai film Star Wars. Aku tak akan meragukan itu," katanya.

Tentu kita harus menunggu hingga 2019 mendatang untuk melihat film 'Star Wars' dengan sutradara wanita. Sementara film 'Star Wars' terbaru yang disutradarai J.J. Abrams akan hadir di bioskop 17 Desember mendatang.