Trailer pertama film Joker yang digarap Warner Bross akhirnya muncul ke permukaan dengan pemeran Joaquin Phoenix yang tampil cukup memukau di trailer tersebut.

Menurut beberapa sumber, kabarnya background story yang akan dipakai dalam menceritakan film Joker adalah seorang stand-up comedian dengan kisah hidup yang tragis.

Meski begitu, sebenarnya banyak referensi yang menceritakan soal asal usul sosok Joker tersebut, Bro. Nah, gw udah rangkum nih buat lo, beberapa referensi dan teori soal asal usul tokoh Joker. Check this out!

Red Hood

Berdasarkan komik Batman Vol.1 #168, waktu Batman sebagai dosen sedang mengajar soal kriminologi, menyebutkan salah satu kriminal berbahaya yang dijuluki ‘Red Hood’. Batman bertemu dengan Red Hood 10 dekade sebelumnya yang kemudian menghilang di pabrik Ace Chemical. Ternyata Red Hood tersebut adalah Joker, yang mencuri di Ace Chemical dan melarikan diri melalui limbah kimia. Limbah kimia tersebutlah yang merubah kulit Joker menjadi putih, rambut hijau dan bibir merah.

Pekerja Lab

Berdasarkan komik Batman : The Killing Joke (1988) karya Alan Moore, disebutkan Joker adalah mantan pekerja lab dan meninggalkan pekerjaannya untuk jadi pelawak. Karena keadaan ekonomi Doi yang makin buruk, Joker setuju untuk membentuk gerombolan penjahat.

Perampok Bank

Pada seri komik Batman Confidential, diceritakan ada perampok bank dan mantan pembunuh bayaran yang bosan dengan kehidupannya yang menyedihkan. Nama penjahat ini adalah Jack yang kemudian menjadi Joker, Bro. katanya karena bosan, Joker berusaha bersenang-senang dengan menguji sang pahlawan Batman. Dari sinilah viral kisah Batman dan Joker, Bro.

Yatim Piatu

Dalam seri komik Batman : Street of Gotham, diceritakan ada anak yatim piatu bernama Sonny yang dirawat di klinik Lesley Tomkins. Sonny adalah anak panti asuhan yang kerap jadi sasaran kekerasan. Klinik tersebut diserang gangster bernama Sallie Guzzio yang kemudian menculik Sonny. Sonny kemudian dijadikan pembantu dan sering dianiaya dan dilecehkan. Ketika dewasa, Sonny kemudian menjadi Joker membalaskan dendamnya pada Sallie Guzzio.

Wah, ternyata banyak referensi ya soal gimana asal usul atau latar belakang sosok Joker ini, Bro. Kalo lo lebih suka cerita yang mana nih, Bro?