Belakangan, dunia perfilman sedang dihebohkan dengan tayangnya ‘Joker’ di bioskop. Joaquin Phoenix yang berperan sebagai Joker pada film tersebut berhasil mencuri perhatian publik dengan performanya yang sangat bagus dalam memerankan karakter villain satu ini. Sebagai buktinya, ‘Joker’ sukses jadi film adaptasi komik dengan rating tertinggi di IMDb dengan nilai 9/10.

Para fans juga langsung bandingin Joker baru ini dengan Joker-Joker terdahulu. Nama Caesar Romero, Jack Nicholson, Heath Ledger, bahkan Cameron Monaghan yang memerankan Joker di serial ‘Gotham’ dan Joker versi Jared Leto tak luput dari perbincangan.

Tapi buat lo yang belum tau, ada satu pemeran Joker yang hampir gak pernah dibahas sama sekali. Joker tersebut adalah versi Mark Hamill.

Gak kayak Joker lain yang cuma sekali dimainkan oleh satu aktor, karir Mark Hamill sebagai The Clown Prince Of Crime bisa dibilang cukup panjang.

Mark Hamill yang terkenal karena jadi Luke Skywalker di franchise ‘Star Wars’ memulai karirnya sebagai pengisi suara Joker di ‘Batman: The Animated Series’ pada tahun 1992. Kepiawaiannya mengisi suara Joker bikin dirinya jadi langganan buat mengisi banyak karakter di acara televisi. Setelah itu dirinya mengisi suara Joker pada animasi dan film-film berikut ini:

  • ‘Superman: The Animated Series’

  • ‘The New Batman Adventures’

  • ‘Justice League’ (versi animasi)

  • ‘Static Shock’

  • dan ‘Robot Chicken’

Bahkan gak berhenti di situ, Bro. Mark Hamill juga ikut mengisi suara Joker di semua game Batman Arkham series. Penampilan terakhirnya sebagai Joker adalah pada game Arkham Knight yang dirilis pada tahun 2015 lalu.

Kenapa gak banyak yang bahas Joker yang satu ini ya, Bro? Padahal Mark Hamill punya suara dan tawa Joker yang gak kalah nyeremin dari versi Heath Ledger dan Joaquin Phoenix!

Buat yang pengen tau gimana Mark Hamill ngisi suara Joker, cek video berikut ini, Bro!