Beberapa superhero punya kendaraan khas mereka sendiri. Di semesta Marvel, salah satu yang terkenal adalah Captain America dengan motor klasik Harley Davidson miliknya. Lalu di komik DC, ada Wonder Woman dengan jet tembus pandang dan tentu aja Batman dengan Batmobile-nya.

Dari tahun ke tahun, desain Batmobile selalu berkembang seiring perkembangan desain sang hero di berbagai adaptasi cerita. Semua batmobile yang muncul selalu menyesuaikan dengan karakter dan juga tema dari cerita yang dibawakan.

Hampir di semua cerita yang melibatkan Batman, alat transportasi utama milik sang hero pun hampir selalu menemaninya dalam beraksi. Begitupun dengan Batman terbaru yang diperankan Robert Pattinson. Sang sutradara, Matt Reeves belum lama ini mengunggah tampilan Batmobile versi terbaru itu.

Tampilannya bisa dibilang cukup sederhana, Bro. Batmobile baru tersebut terlihat seperti sebuah muscle car khas Amerika yang diberi modifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan pengendaranya.

Hal itu pula yang menuai protes dari banyak fans Batman di media sosial. Banyak yang menilai bahwa desain mobil tersebut seperti sebuah mobil sport biasa yang dimodifikasi, jauh dari kesan mobil canggih milik seorang superhero. Desainnya emang beda jauh kalau dibandingkan dengan Batmobile milik Batman versi Ben Affleck dan Christian Bale.

Tapi, ternyata desain mobil tersebut malah lebih mendekati desain yang sering dimunculkan dalam komik. Pada tahun 1970an - 1980an, desain Batmobile selalu realistis dan mendekati desain mobil biasa yang diberi modifikasi canggih. Semua berubah di akhir dekade 80an ketika Batmobile punya bentuk yang mulai gak realistis, bahkan lebih terlihat seperti sebuah mobil tempur ketimbang transportasi biasa.

Satu seri spesifik yang kelihatannya jadi inspirasi utama Batmobile terbaru adalah sebuah batmobile dari komik berjudul Batman The New Adventures #408 yang dirilis pada tahun 1987. Bahkan, dalam komik tersebut juga terlihat Batmobile adalah sebuah mobil sport yang mendapatkan modifikasi untuk keperluan sang hero.

Lucunya, karena desainnya seperti sebuah muscle car, banyak yang bercanda bahwa Batman seakan bakal bergabung dengan pasukan Dominic Toretto dalam franchise Fast & Furious.

Patut dinanti sih Bro aksi Batman dengan Batmobile terbaru ini. Bakal sebesar apa peran Batmobile ini dalam aksi-aksi yang Batman lakukan, jawabannya ada tahun 2021 nanti, Bro.