Mengenal Bong Joon Ho, Sutradara Pencetak Rekor Oscar

LAZONE.ID - Bikin rekor dengan filmnya, Parasite

Hollywood dihebohkan ketika Parasite, film yang disutradarai oleh Bong Joon Ho memenangkan beberapa kategori sekaligus dalam ajang Academy Award ke-92 baru-baru ini. Bahkan, penghargaan Best Picture yang jadi nominasi paling bergengsi untuk para sutradara berhasil disabet. Bong Joon Ho mengalahkan Sam Mendes yang mengarahkan film drama perang “1917”, dan Todd Phillips dengan Joker-nya yang menuai banyak pujian kritik di seluruh dunia.

Ini tentu jadi prestasi yang sangat besar buat sang sutradara yang membawa Parasite menjadi film berbahasa asing (non bahasa Inggris) pertama yang berhasil memenangkan nominasi Best Picture. Padahal, sebelumnya udah banyak banget film berbahasa asing yang ikut berjibaku pada nominasi tersebut namun selalu kalah dari film-film lain produksi Hollywood.

Pria kelahiran 14 September 1969 ini pertama kali meraih respon positif dari kritik dan pengakuan luas setelah mengarahkan film Memories Of Murder pada tahun 2003 lalu. Memories Of Murder berhasil menghadirkan ketegangan yang kental ala film drama kriminal dengan sangat apik. Film tersebut juga mengangkat sebuah kisah nyata tentang pembunuhan berantai pertama di Korea Selatan yang terjadi di antara 1986 dan 1991.

Kesuksesan internasionalnya bermula ketika dirinya menyutradarai The Host (2006), dan kembali melambung ketika mengarahkan Snowpiercer (2013) yang dibintangi oleh Chris Evans. Snowpiercer sendiri jadi salah satu film terbaik yang diperankan oleh aktor pemeran Captain America tersebut.

Oh iya Bro, ternyata sebelum jadi sutradara film, Bong Joon Ho pernah jadi seorang tutor untuk sebuah keluarga kaya. Bahkan menurutnya, film Parasite ini mengambil inspirasi dari kehidupan nyatanya yang bekerja pada orang kaya. Bong saat itu juga merasa seperti sedang memata-matai keluarga tersebut karena tau segala gerak-gerik dan kebiasaan keluarga kaya yang menyewa jasa tutornya.

Menurut pengalaman para pemain dan kru film Parasite, Bong Joon Ho adalah sutradara yang mengarahkan secara detail setiap adegan yang ada dalam filmnya. Bahkan, Bong sering mendemonstrasikan adegan yang harus dilakukan oleh para aktor dan aktrisnya. Sehingga banyak dari mereka yang tinggal mengikuti demonstrasi yang udah diberikan oleh sang sutradara.

Apa pendapat lo tentang Parasite, karya Bong yang fenomenal ini, Bro? Gue sih jadi gak sabar buat nunggu film-film arahan Bong Joon Ho yang selanjutnya.