Sebelum menyaksikan 'Star Wars: The Force Awakens' Desember mendatang, ada baiknya untuk sedikit menapaki sejarah film tersebut. Ini dia cerita film 'Star Wars' dari masa ke masa.

Adalah George Lucas yang menciptakan dunia Star Wars, dimulai pada 1977 lewat film 'Star Wars Episode IV: A New Hope'. Dalam film ini, karakter Princes Leia (Carrie Fisher) memimpin pemberontakan untuk melawan Galactic Empire dan menghancurkan stasiun luar angkasa mereka bernama Death Star. Penggemar diajak mengikuti petualangan Luke Skywalker, R2-D2 dan C-3P0 dalam membantu Princes Leia, serta Han Solo dan Chewbacca.

Kenapa film pertama memiliki judul 'Episode IV'? Saat itu visi George Lucas dalam cerita Star Wars pertama, belum bisa dituangkan dalam film dengan kondisi teknologi saat itu. 'Star Wars Episode IV: A New Hope' sukses besar ketika dirilis ke pasar, hingga menciptakan gelombang baru kultur pop.

Tiga tahun kemudian, muncul film 'Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back'. Film ini berlangsung tiga tahun setelah pemberontakan oleh Princess Leia. Galactic Empire yang dipimpin Emperor Palpatine, memiliki tangan kanan kuat Darth Vader yang memimpin serangan balik kepada para pemberontak.

Film selanjutnya adalah 'Star Wars Episode VI: Return of the Jedi' yang dirilis pada 1983. Memiliki latar setahun setelah film sebelumnya, Galactic Empire berusaha menghancurkan kelompok pemberontak untuk selama-lamanya dengan membangun Death Star kedua.

Setelah trilogi pertama, George Lucas membuat trilogi prequel, dimulai 'Star Wars Episode I: The Phantom Menace' pada 1999. Film ini mengisahkan perjalanan kesatria Jedi, Qui-Gon Jinn dan muridnya Obi-Wan Kenobi. Di sinilah karakter Anakin Skywalker diperkenalkan.

'Star Wars Episode II: Attack of the Clones' dirilis pada 2002 dengan latar cerita 10 tahun setelah film sebelumnya. Dalam film ini galaksi berada di ambang Perang Sipil. Ribuan planet menginginkan untuk merdeka cengkraman Galactic Empire.

Tiga tahun setelah perang, 'Star Wars Episode III: Revenge of the Sith' menceritakan para ksatria Jedi menyebar ke seluruh galaksi memimpin tentara koloni untuk perang melawan para separatis. Film ini menjadi akhir trilogi prekuel.

'Star Wars: The Force Awakens' yang akan dirilis Desember nanti akan menjadi Episode ke-7 dari seri 'Star Wars', sekaligus pembuka dari trilogi baru. Sutradara J.J Abrams mengambil latar 30 tahun setelah 'Star Wars Episode VI: Return of the Jedi'. Banyak karakter baru diperkenalkan, teknologi film yang semakin canggih dan cerita klasik yang relevan dengan masa kini.