Salah satu momen yang paling ditunggu penggemar Star Wars kembali tiba. Lucasfilm baru saja merilis trailer final untuk 'Star Wars: The Force Awakens' sebelum menuju bioskop 18 Desember mendatang.

Adegan dibuka dengan penampakan karakter Rey (Daisy Ridley) yang menggunakan topeng seperti manusia gurun. Dia terlihat sedang merayap ke dalam rongsokan besar yang kemungkinan adalah stasiun luar angkasa Death Star yang sudah hancur. Rey kemudian berjalan di hamparan gurun ditemani droid baru BB-8.

Karakter baru lainnya yang menjadi spotlight adalah Finn (John Boyega). Karakter ini sebelumnya muncul di teaser trailer perdana dengan kostum Stormtrooper yang melepas helmetnya. Finn seperti diceritakan bahwa dia hilang keyakinan atas apa yang diperjuangkannya selama ini sebagai Stormtrooper.

Yang selanjutnya kita lihat, Finn bergabung dengan Rey dan para pemberontak untuk melawan sisi gelap The Force yang diwakili The First Order, wujud baru dari Empire Galactic. Supreme Leader Snoke yang diperankan Andy Serkis adalah pemimpin dari The First Order.

Jika dulu Luke Skywalker melawan Darth Vader, kini sosok jahat yang baru diwakili oleh Kylo Ren yang dimainkan oleh Adam Driver. Kylo sangat mengidolakan Darth Vader. Dia terpengaruh dengan sang Sith Lord, dan membuat topeng yang terinspirasi pemilik kekuatan gelap The Force tersebut.

Peperangan besar dan epik terjadi antara kekuatan baik dan jahat. Millenium Falcon meliuk-liuk menghindari tembakan dari pasukan The First Order, dan Han Solo muncul memberikan cerita masa lalu tentang Jedi, Empire dan sebagainya kepada Finn dan Rey.

Dalam salah satu adegan, nampak Finn berhadapan langsung dengan Kylo Ren yang membuka topengnya. Mereka masing-masing memegang lightsaber dengan warna yang berbeda.

'Star Wars: The Force Awakens' memiliki latar 30 tahun setelah kejadian di 'Return of the Jedi'. Film ini akan tayang ke bioskop 18 Desember mendatang.