Sutradara Riri Riza dan produser film Mira Lesmana sedang berangkat menuju Taipei untuk menghadiri premiere film Silence dan bertatap muka langsung dengan sutradara legendaris Martin Scorsese. Mereka juga diberi kesempatan bertemu dengan sutradara legendaris Hollywood itu bersama para filmmaker Asia lainnya.

 

Scorsese, bukan nama yang asing bagi penggemar film, ia merupakan salah satu sosok besar perfilman dunia yang disegani. Telah menjadi sutradara sejak tahun 1959, dan membesut 57 film, Scorsese memenangkan sebuah Oscar di antara ratusan penghargaan bergengsi lainnya.  

Sebagian karya Scorsese bukan hanya komersial tapi juga monumental, penggemar film pasti tak asing dengan judul-judul seperti Taxi Driver, Raging Bull, Goodfellas, Age of Innocence, Casino, Departed, hingga Wolf of Wall Street, dan tentu saja akhirnya: Silence.

 

Silence diangkat dari novel dengan judul yang sama karya sastrawan Jepang Shusaku Endo, mengisahkan perjalanan dua pendeta Yesuit mencari mentor mereka yang hilang di pedalaman Jepang pada awal abad 17. Film ini merupakan passion project Scorsese, bahkan sebenarnya ia sudah memulai proyek ini sejak tahun 1991. 

 

 “Senang luar biasa akan berjumpa, bercakap dengannya lalu menonton pemutaran perdana Silence,” kata Riri Riza yang diundang oleh Catchplay, yang ikut mendanai film tersebut.